androidvodic.com

Penyuluh Kunci Sukses Pembangunan Pertanian Berkelanjutan - News

News,  JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran diberbagai kesempatan memberikan motivasi kepada penyuluh pertanian dan petani agar semangat meningkatkan produktivitas pangan.

Ia menyampaikan harapannya bahwa penyuluh adalah pahlawan pangan dan garda terdepan menuju swasembada pangan. 

Amran menekankan agar penyuluh tidak mengeluh dan harus merubah mindset serta keluar dari zona nyaman untuk meraih kesuksesan.

Baca juga: Penyuluh Pertanian Siap Dampingi Petani Hadapi Panen Raya 2024

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengakui inovasi teknologi bersama sumber daya manusia dan infrastruktur menjadi pengungkit yang besar dari efisiensi dan daya saing sektor pertanian.

“Inovasi teknologi tersebut dapat diimplementasikan di lapangan, sehingga diperlukan SDM yang handal, profesional dan berdaya saing terhadap teknologi. Disitulah tugas penyuluh”, ucap Kabadan Dedi.

Karena itu, penyuluh harus meningkatkan kemampuan diri atau upgrade dari kemampuan dalam Informasi Teknologi (IT) dan penyerapan teknologinya. 

“Jadi mau tidak mau atau suka tidak suka, penyuluh harus masuk ke era 4.0 yang kini sudah menghasilkan teknologi yang lebih efisien dan produktivitas tinggi. Contohnya traktor, sekarang sudah menggunakan internet,” tegasnya kembali.

Hal itu terungkap dalam diskusi Ngobrol Asyik (Ngobras) volume 14 bertemakan Reposisi Sistem Penyuluhan Pertanian Menuju Pertanian Yang Mandiri, Modern, dan Berkelanjutan di AOR BPPSDMP, Selasa (14/05/2024).

Ketua Harian DPP PERHIPTANI, Fathan A. Rasyid mengatakan bahwa sistem penyuluhan pertanian adalah seluruh rangkaian pengembangan, kemampuan, pengetahuan, keterampilan serta sikap pelaku utama dan pelaku usaha melalui penyuluhan. Harus adanya sistem penyuluhan dikarenakan bersifat penting untuk berkelanjutan.

Selain itu, Fathan menjelaskan tentang Perhimpunan Penyuluh Pertanian atau PERHIPTANI merupakan organisasi profesi yang didirikan 6 Juli 1987 di Subang, Jawa Barat. 

Baca juga: KSP Dorong Program Penguatan dan Pemberdayaan Penyuluh Pertanian

PERHIPTANI berasaskan Pancasila yang bersifat keilmuan, keahlian, persaudaraan, kemasyarakatan, kemandirian dan tidak berafilasi dengan organisasi politik.

Salah satu tujuan PERHIPTANI yang merujuk dari AD/ART adalah meningkatkan profesionalisme penyuluh dan kesejahteraan penyuluh pertanian, jelas Fathan.

Fathan melanjutkan jika penajaman kebijakan sistem penyuluhan adalah kejelasan regulasi dimana revisi Undang-Undang penyuluhan harus jelas dan penyuluhan identik dengan pendidikan non formal di luar sekolah atau urusan wajib konkuren.

 Sehingga diperlukan konsistensi pemantapan strategi, kebijakan, program dan kegiatan.  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat