androidvodic.com

Hilmar Farid Dukung DBN Ride Borobudur To Berlin, Teguh Haryono: Semangat Kebangkitan Nasional - News

News, YOGYAKARTA -  Hanya kurang dari sepekan, di tengah persiapan menuju pelepasan DBN Ride Borobudur To Berlin tanggal 20 Mei 2024 nanti, Tim Daulat Budaya Nusantara (DBN) diundang oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud RI di Kafe Benteng Vredeburg Yogyakarta, Rabu 15 Mei 2024.

Mereka yang mewakili ngopi bareng Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid adalah budayawan Achmad Ibnu Wibowo yang akan mengendarai motor dari Borobudur ke Berlin.

Baca juga: Gelar Rakornas Perpustakaan, Perpusnas Fokus Penguatan Budaya Baca ke Milenial dan Gen Z

Kemudian Benny Zakaria salah satu perdiri DBN dan ditemani Heris Heryanto selaku Direktur Eksekutif Daulat Budaya Nusantara juga hadir dalam ngopi bareng itu.

“Kami bagi tugas ya. Saya di Jakarta memastikan kehadiran tamu undangan yang akan hadir. Sementara Tim DBN yang ada di sekitaran Borobudur mempersiapkan acara. Lha kok ndilalah malah diundang sama Bang Hilmar Farid, Alhamdulillah misi Arus Balik Kebudayaan lewat agenda DBN Ride Borobudur To Berlin dibaca Dirjen Kebudayaan sebagai upaya pemajuan kebudayaan Indonesia” jelas Dr Ir Teguh Haryono, Pakar Pertahanan Kebudayaan saat dihubungi.

Menurut Teguh, tata nilai gotong royong dalam pemajuan kebudayaan yang di usung Daulat Budaya Nusantara ternyata dicermati banyak pihak pemangku kepentingan yang selama ini memperhatikan DBN.

Mulai dari organisasi masyarakat, akademisi, media massa, wakil rakyat, dunia usaha dan pemerintah.

Baca juga: Bicara Budaya Digital, Nur Rahma Soroti Kelemahan Karakter Gen Z

“Saya Hilmar Farid Dirjen Kebudayaan saat ini berada di Benteng Vredeburg bersama teman teman Daulat Budaya Nusantara akan ada satu gawe besar yaitu Nunggang Roso Borobudur Berlin dan ini mengantar Gus Paox yang akan nunggang motor. Ini bukan Cuma sekedar perjalanan tapi juga napak tilas perjalanan budaya, jadi ya ziarah peradaban," ujarnya.

Hilmar Farid yang akrab dipanggil Bang Fay oleh para seniman dan budayawan Indonesia ini mengatakan Direktorat Jenderal Kebudayaan mendukung upaya ini, dan mendoakan agar bisa berjalan dengan lancar segalanya.

"Selamat dan sepanjang itu nanti memberi inspirasi kepada masyarakat setempat. Sudah saatnya memang kebudayaan Indonesia memancar ke dunia, jadi selamat jalan Gus Paox dan terima asih kepada teman teman Daulat Budaya Nusantara, semoga kerjasama kedepan bisa terjalin dengan baik,” terang Hilmar Farid.

Seperti diumumkan dalam pamfletnya, Kamis 16 Mei 2024 hari ini, Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid tengah meluncurkan sebuah lembaga dengan sifat Badan Layanan Umum bernama Indonesian Heritage Agency.

Sebuah lembaga yang digadang-gadang sebagai upaya pelestarian warisan budaya Indonesia.

“Saya lagi di Borobudur, ditelepon diajak ngopi sama Bang Fay di sela Gladi Resik acara kebudayaan di Jogja, kebetulan acara kami berdekatan trus ngopi sama sharing sharing lah. Ternyata yang menarik, ada titik temu antara agenda kerja Dirjen Kebudayaan dengan agenda kami di DBN Ride Borobudur To Berlin dan rencananya nanti akan ada malam kebudayaan Indonesia di beberapa negara yang saya lewati sepanjang Borobudur Berlin dengan dukungan penuh Dirjen Kebudayaan,” terang Achmad Ibnu Wibowo, salah satu pendiri DBN yang akan naik motor ke Berlin.

Rencananya pada tanggal 20 Mei 2024 yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional nanti, Daulat Budaya Nusantara akan melepas perjalanan kebudayaan dari Borobudur ke Berlin.

Baca juga: Kenduri Budaya ke-31 di Jogja, Teguh Haryono: DBN Mengerucutkannya Menjadi Platform Kebudayaan

Dimulai pukul 06.30 WIB dengan upacara peringatan Harkitnas di Titik Nol Jogja bersama IMI Jateng, IMI Jogja komunitas motor besar juga para tamu undangan.

Lanjut perjalanan ke Borobudur pelepasan ke Berlin setelah makan siang dengan di iringi berbagai kesenian masyarakat sekitaran Borobudur.

“Semangat goton-g royongnya di DBN itu terasa sekali ya, yang paling awal itu kan Indika Energi terlibat di Ruwatan Nusantara, lantas NU dan Lesbumi turut serta, dengan Kenduri Budaya kemudian MPR-RI sangat mendukung penuh, lalu Persatuan Insinyur Indonesia juga Ikatan Motor Indonesia sejalan seiring, berikutnya berturut turut Dirjen Kebudayaan selaku pemerintah sangat mendukung dan ingin kerjasama kebudayaan ini berlanjut," kata Dr Ir Teguh Haryono, Pendiri Daulat Budaya Nusantara.

Rencananya besok perwakilan Tim DBN akan ketemu BOD Yamaha yang ikut men-support Borobudur To Berlin

"Inilah berkahnya semangat Kebangkitan Nasional 20 Mei nanti," tambah Teguh Haryono.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat