androidvodic.com

YLKI Harap Kinerja Baik ASDP Selama Arus Mudik 2024 Dibarengi Peningkatan Edukasi ke Penumpang - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi menilai, ada peningkatan kinerja dari PT ASDP Indonesia Ferry dalam pelayanan arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Peningkatan itu terjadi pada tahap pra-perjalanan, perjalanan, hingga pasca-perjalanan arus mudik dan balik.

Berdasarkan hasil survei YLKI, kepuasan konsumen terhadap pelayanan ASDP di angka 98,8 persen. 

“Secara keseluruhan memang sangat memadai, mulai kemudahan dalam proses pembelian dan pemesanan tiket berbasis online/digital, check in area pelabuhan yang nyaman hingga layanan penanganan pengaduan, seperti barang hilang,” kata Tulus dalam keterangannya, Rabu (15/5/2024).

"Sesuai survei kami, kepuasan konsumen ASDP mencapai 98,8 persen," jelasnya.

Hanya saja, kata Tulus, masih ada sisa pekerjaan rumah berupa penguatan literasi agar layanan pembelian tiket secara online bisa lebih masif.

“Saat ini masih banyak yang gagap teknologi atau gaptek. Jadi terlihat masih ada beberapa yang membeli langsung di wilayah pelabuhan. Ada juga beberapa yang belum tahu aturan larangan merokok," terang Tulus.

Hal senada diungkap oleh Djoko Setijowarno, Akademisi Universitas Soegiyapranata Semarang yang menilai ASDP sebagai operator berperan besar dalam manajemen arus mudik dan balik di pelabuhan, dan fungsi regulator dalam penetapan operasional kapal.

Ia mengimbau, ASDP agar tetap konsisten untuk melaksanakan program yang sudah dicanangkan.

“Sistem manajemen operasional kapal sudah dijalankan dengan baik, namun demikian ada beberapa keterbatasan ASDP terkait dengan mengelola kemacetan yang datang dari arus tol dari arah Jakarta,” katanya.

Baca juga: Naik 75 Persen, Tol Trans Sumatera Dilalui 2,1 Juta Kendaraan Saat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024

Sementara Ilham Malik, Akademisi Institut Teknologi Sumatera (Itera) juga mengungkap persoalan kepadatan dari jalan tol dan jalan raya.

Menurutnya, perlu ada pengambil tanggung jawab soal bagaimana cara pengendalian masuknya arus lalu lintas ke pelabuhan baik itu di Merak maupun Bakauheni.

“Ke depan, ASDP yang sudah berpengalaman dan mempunyai sumber daya daya dalam berbagai hal, menurut saya ASDP yang harus take a lead isu kepadatan yang berisiko ada di pelabuhan ini," ucap Ilham.

Terpisah, Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin menyampaikan bahwa selama periode Angkutan Lebaran terhitung mulai 3 April 2024 atau H-7 hingga 18 April 2024 atau H+7 di 8 lintasan pantauan nasional, ASDP total melayani penumpang sebanyak 4,14 juta orang dan lebih dari 1 juta unit kendaraan. Saat itu, ASDP menyiapkan total 51 dermaga dan 215 unit kapal.

Adapun 8 lintasan yang dipantau secara nasional selama Posko Lebaran 2024 adalah Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk dan Jangkar-Lembar, Padangbai-Lembar, Kayangan-Pototano, Ajibata-Ambarita, Bajoe-Kolaka, Tj. Api-Api-Tj.Kalian, dan Penajam-Kariangau.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat