androidvodic.com

23 Kampus Gratis Tahun 2024, Tak Perlu Bayar UKT Mahal, Lulus Langsung Kerja - News

News - Inilah 23 kampus yang menyelenggarakan pendidikan secara gratis, tanpa perlu bayar Uang Kuliah Tunggal (UKT). Bahkan setelah lulus, mereka langsung bisa bekerja.

Uang Kuliah Tunggal (UKT) atau biaya kuliah yang wajib dibayarkan oleh mahasiswa setiap semester, kini tengah menjadi sorotan.

Sebab, UKT di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) atau kampus negeri dilaporkan mengalami kenaikan mulai tahun ini.

Di sisi lain, ada sejumlah kampus yang justru menyelenggarakan pendidikan secara gratis. Para mahasiswa di kampus gratis tersebut tak perlu pusing harus membayar UKT setiap semester.

Bahkan lulusan kampus gratis ini bisa langsung bekerja setelah selesai kuliah. Kabar gembiranya, ke-23 kampus gratis ini tengah membuka pendaftaran mahasiswa baru.

Sehingga bagi siswa yang telah lulus SMA/SMK sederajat bisa segera mendaftar. Mana saja?

Inilah daftar 23 kampus gratis yang mahasiswanya tak perlu bayar UKT dan langsung kerja setelah lulus.

1. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN BIN)

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) adalah sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN) yang bergerak di bidang intelijen.

Masa pendidikan di STIN adalah empat tahun. Para mahasiswa atau taruna di STIN mempelajari mata kuliah umum seperti ekonomi, sosial, politik, hukum, dan sejarah.

Selain mendapat mata kuliah umum, taruna STIN juga akan mendapatkan ilmu keintelijenan. Para taruna juga harus bisa menguasai satu bahasa asing.

Tahun 2024, STIN membuka formasi sebanyak 400 orang. Nantinya, lulusan STIN akan direkrut menjadi CPNS BIN.

Baca juga: Syarat Masuk Sekolah Kedinasan STIN 2024, Segini Nilai Minimal Rapor atau Ijazah

Selama kuliah di STIN, taruna/taruni tidak dipungut biaya apapun. Mereka juga akan tinggal di asrama sehingga akan mendapat konsumsi dan seragam.

Taruna/taruni STIN juga berkesempatan berlatih menjadi Indonesian Cyber Task Force dan ahli dalam bidang Biomedical Hazard.

Pendaftaran STIN 2024 dapat dilakukan melalui situs https://dikdin.bkn.go.id. Sementara informasi penerimaan taruna STIN 2024 dapat diakses di ptb.stin.ac.id.

2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN Kemendagri)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat