androidvodic.com

23 Pesepeda Ikut Acara Gowes Amal Jakarta-Lombok Utara Bantu Pelatihan Pendidikan 1500 Guru - News

News, JAKARTA - Sebanyak 23 pesepeda andal akan bersepeda sejauh 1500 kilometer pada 25 Mei 2024.

Pesepeda yang berasal dari berbagai komunitas dan beragam profesi itu bakal bersepeda dari Jakarta menuju Kabupaten Lombok Utara.

“Mereka terdiri dari mantan atlet sepeda profesional, influencer, sport enthusiast yang telah malang melintang dalam berbagai event sepeda di tanah air dan mancanegara,” kata Tanti Sugiharti Singgih, Direktur Eksekutif Perkumpulan Indonesian Overseas Alumni (IOA), melalui keterangan tertulisnya, Kamis (16/5/2024).

Kegiatan bersepeda selama delapan hari itu, kata Tanti, melanjutkan acara gowes amal Lombok Charity Ride (LCR) yang berlangsung sukses pada tahun lalu.

Acara tersebut juga didukung penuh PB ISSI (Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia), ISSI Pengprov DKI Jakarta, dan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara.

“Adapun pencetus lahirnya acara itu, yakni Komunitas Sepeda Green Fly Jakarta,” kata dia.

Tanti menjelaskan, tujuan utama dari kegiatan ini adalah menggalang dana untuk mendukung program pelatihan 1500 guru dan kepala sekolah dasar di Kabupaten Lombok Utara. Penggalangan dana, katanya, kiranya akan sangat membantu program peningkatan kualitas pendidikan dasar yang berkelanjutan di kabupaten Lombok Utara.

“Penggalangan dana dilakukan melalui platform www.ayobantu.com dengan tautan https://ayobantu.com/campaign/dukunggurulombok,” kata Tanti

Baca juga: Biaya Pendidikan Meroket, Komisi X DPR Bentuk Panja

Saat ini, katanya, masih banyak sekali tantangan bidang pendidikan yang dihadapi oleh Kabupaten Lombok Utara.

Satu di antaranya, rerata lama sekolah yang masih rendah yakni 6,04 tahun. Selain itu, pernikahan dini pun masih marak terjadi di daerah tersebut.

“Untuk itu diharapkan kehadiran program yang dijalankan ini akan dapat membantu pemerintah daerah Lombok Utara dalam meningkatkan mutu pendidikannya,” kata Tanti.

Tanti mengatakan, gowes amal bertajuk LCR 2-2024 – 1500 KM untuk 1500 guru di Lombok Utara itu akan berangkat dari OCBC Tower, Jakarta.

Kemudian, pesepeda akan menyusuri pulau Jawa dan Bali lanjut menyeberang ke Pulau Lombok melalui Pelabuhan Senggigi, Lombok Barat.

“Nantinya sekitar 200 pesepeda dari berbagai komunitas di Pulau Lombok akan bergabung dengan para pesepeda LCR untuk menuju garis finish di Kantor Bupati Lombok Utara pada tanggal 1 Juni 2024,” kata Tanti

Baca juga: 57 Komunitas Sepeda se-Jakarta Meriahkan Gelaran Gowes Pedal Of Love For Mother

Menurutnya, kegiatan pelatihan guru, Lombok Bangkit, yang sejatinya telah dijalankan oleh Perkumpulan IOA sejak 2020 itu sekaligus menggaungkan kepedulian akan pentingnya kebangkitan pendidikan yang berkualitas, ekonomi yang kuat dan destinasi pariwisata kelas dunia di Lombok Utara.

“Diharapkan kegiatan ini juga dapat menginspirasi komunitas sepeda di tanah air untuk lebih banyak terlibat dalam aksi nyata sosial kemasyarakatan,” tutur Tanti.

Acara gowes amal Lombok Charity Ride (LCR) 2023
Acara gowes amal Lombok Charity Ride (LCR) 2023. Sebanyak 23 pesepeda andal akan bersepeda sejauh 1500 kilometer pada 25 Mei 2024 dari Jakarta menuju Lombok Utara dalam acara amal Lombok Charity Ride (LCR). (ist)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat