androidvodic.com

Jokowi: Indonesia Kaya Kearifakan Lokal Pengelolaan Air - News

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka World Water Forum ke-10  di Bali International Convention Center (BICC), Senin (20/5/2024).

Dalam sambutannya Presiden mengatakan dengan luas perairan mencapai 65 persen, Indonesia memiliki banyak kearifan lokal dalam pengelolaan air

Baik itu di sepanjang garis pantai, pinggiran aliran sungai, hingga tepian danau.

"Masyarakat kami memiliki nilai dan budaya terhadap air salah satunya sistem pengairan Subak di Bali yang dipraktikkan sejak abad ke 11 yang lalu dan diakui sebagai warisan budaya dunia," katanya.

Bagi masyarakat Bali kata Presiden, Air adalah kemuliaan yang mengandung nilai-nilai spiritual dan budaya yang harus dikelola bersama-sama.

Hal itu sejalan dengan tema forum air dunia tahun ini yaitu air bagi kemakmuran bersama yang bisa dimaknai sebagai tiga prinsip dasar yaitu menghindari persaingan, mengedepankan pemerataan dan kerja sama inklusi serta menyokong perdamaian dan kemakmuran bersama.

Ketiga hal tersebut hanya bisa terwujud dengan sebuah kata kunci yaitu kolaborasi.

"Di Indonesia kolaborasi telah menjadi kunci keberhasilan dalam restorasi sungai Citarum serta pengembangan energi hijau, solar panel terapung di waduk Cirata yang menjadi terbesar di Asia Tenggara dan ke-3 di dunia," pungkasnya.

Sejumlah delegasi hadir dalam pembukaan forum air dunia tersebut. Mereka diantaranya yakni: Wakil PM Malaysia Dato Sri Haji Fadillah, Utusan Khusus Hungaria János Áder, PM Tajikistan Qohir Rasulzoda, Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe, dan Presiden Fiji Ratu Wiliame Maivalili Katonivere.

Selain itu hadir pula Wakil PM Papua Nugini John Rosso, Utusan Khusus Belanda Meike van Ginneken, Utusan Khusus Prancis Barbara Pompili, Utusan Khusus Persatuan Emirat Arab Suhail Mohamed Al Mazroui, dan Presiden Majelis Umum PBB Dennis Francis.

Kemudian tampak hadir pula CEO Tesla Inc dan SpaceX Elon Musk. Ia duduk disamping Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

Baca juga: Presiden Jokowi Buka World Water Forum ke-10 di Bali

Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju juga hadir dalam acara tersebut mereka di antaranya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, serta Menkominfo Budi Arie Setiadi.

Kemudian Menparekraf Sandiaga Uno, Mendagri Tito Karnavian, Menteri KKP Wahyu Sakti Trenggono, dan Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat