androidvodic.com

Saat Jokowi Kenalkan Prabowo Sebagai Presiden Terpilih di Pembukaan World Water Forum ke-10 Bali - News

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka World Water Forum ke-10  di Bali International Convention Center (BICC), Senin (20/5/2024).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi memperkenalkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai Presiden terpilih kepada para delegasi yang hadir.

Baca juga: Presiden Jokowi Buka World Water Forum ke-10 di Bali

Prabowo akan menggantikan Jokowi sebagai Presiden pada Oktober mendatang.

Jokowi mengatakan bahwa Prabowo akan melanjutkan komitmen Indonesia dalam pengelolaan air.

"Pada bulan Oktober masa jabatan saya sebagai presiden akan berakhir. Dan pada kesempatan yang baik ini izinkan saya memperkenalkan presiden terpilih Indonesia, Bapak Prabowo Subianto yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan, yang akan meneruskan komitmen Indonesia untuk berkontribusi terhadap pengelolaan air dunia," kata Jokowi.

Baca juga: Momen Jokowi Senyum Lebar & Luhut Tertawa Ketika Elon Musk Pidato di World Water Forum Ke-10 di Bali

Mendengar pernyataan Presiden Jokowi tersebut Prabowo yang hadir di tengah delegasi, kemudian berdiri. Prabowo menempelkan kedua telapak tangannya sambil membungkuk tanda salam kepada para delegasi yang hadir.

Dalam sambutannya Presiden menyampaikan terimakasih, karena Indonesia dipercaya untuk menjadi tuan rumah forum air dunia. Forum tersebut  meneguhkan komitmen bersama dan merumuskan aksi nyata pengelolaan air yang inklusif dan berkelanjutan.

"Bisa kita bayangkan dari 72 persen permukaan bumi yang tertutup air, hanya satu persen yang bisa diakses dan digunakan sebagai air minum dan keperluan sanitasi," kata Jokowi.

Menurut Jokowi pengelolaan air menjadi sangat penting. Ia mengatakan pada 2050 mendatang diprediksi 500 juta petani kecil yang merupakan penyumbang 80 persen pangan dunia diprediksi akan mengalami kekeringan.

"Tanpa air tidak ada makanan, tidak ada perdamaian, tidak ada kehidupan, no water, no life, no growth. Oleh sebab itu air harus dikelola dengan baik karena setiap tetesnya sangat berharga," pungkasnya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat