androidvodic.com

Foto Menteri Jokowi Bersama Elon Musk di Bali Jadi Sorotan, Ini Analisis Pengamat Politik - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga turut merespons soal beredarnya foto para menteri Kabinet Indonesia Maju dengan CEO SpaceX Elon Musk.

Foto yang diketahui terjadi di sela acara World Water Forum (WWF) di Bali tersebut menuai kritikan dari beberapa pihak.

Respons negatif mengemuka karena dalam foto itu Elon Musk duduk di depan sementara para menteri Indonesia berdiri di belakang.

Foto ini dinilai menggambarkan ketidaksetaraan. Elon Musk dinilai lebih superior, sementara para menteri itu dipersepsi lebih imperior.

Bahkan, terdapat juga penilaian kalau foto itu mencerminkan mental Inlander yang sejatinya menjatuhkan nama Indonesia di dunia.

Menyikapi hal itu, Jamiluddin berpandangan, kalau foto itu diambil bisa saja dilakukan atas adanya kesepakatan terlebih dahulu.

Baca juga: Menteri AHY Siapkan Lahan untuk Elon Musk Berinvestasi di Indonesia: Clear and Clean

"Hanya saja, posisi itu bisa saja disengaja sebagai bagian dari pengormatan terhadap tamu. Hal ini memang bagian budaya bangsa Indonesia, yang ditanamkan sejak kecil untuk menghormati tamu tanpa memandang apa pun status sosial ekonominya," kata Jamiluddin saat dimintai tanggapannya, Kamis (23/5/2024).

Menurut dia, foto yang tersiar tersebut bukanlah menunjukkan kalau mental para menteri Indonesia itu seperti Inlander.

Melainkan, foto itu diambil sebagai bentuk menghormati tamu yang datang ke acara WWF, mengingat Indonesia menjadi tuan rumah.

Baca juga: DPR Pelajari Pengaruh Masuknya Starlink Milik Elon Musk di Indonesia

"Jadi, kalau dilihat dari sisi budaya, tentu posisi para menteri bediri di belakang Elon Musk, dapat dikatakan sebagai wujud pengormatan terhadap tamu. Hal itu kiranya bukan bagian dari mental inlander," ujar dia.

Meski begitu, Jamiluddin menilai wajar jika ada penilaian yang beragam dari berbagai pihak terkait foto tersebut.

Kata dia, hal itu sebagaimana sudut pandang dari setiap pihak yang memiliki beragam argumentasi atas apa yang dilihat.

"Jadi, sikap berbeda dalam menilai posisi foto itu wajar karena menggunakan sudut pandang berbeda. Karena itu, biarkan sudut pandang berbeda itu berkembang dengan berbagai argumentasinya," tukas Jamiluddin.

Sebagai informasi, tersiar sebuah foto yang menggambarkan posisi CEO SpaceX Elon Musk duduk di depan para menteri Indonesia.

Adapun para menteri yang terlihat dalam foto itu adalah, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, Mendagri Tito Karnavian, hingga Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat