androidvodic.com

Persiapan Upacara Hari Lahir Pancasila, Pelatihan Paskibraka Tingkat Nasional Dimulai - News

Persiapan Upacara Hari Lahir Pancasila, Pelatihan Paskibraka Tingkat Nasional Dimulai

Laporan Wartawan News, Chaerul Umam

News, JAKARTA - Dalam rangka mempersiapkan upacara Hari Lahir (Harlah) Pancasila 1 Juni 2024, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melaksanakan pelatihan dan pembinaan bagi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Nasional Tahun 2023. 

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, BPIP didukung oleh Komando Garnisun Tetap (Kogartap) I/Jakarta, Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI) serta Tim Kesehatan Sekretariat Negara (Setneg).

Paskibraka Tingkat Nasional Tahun 2023 terdiri dari satu pasang putra dan putri yang mewakili 38 provinsi di Indonesia. 

Baca juga: Pendaftaran Paskibraka 2024 Dibuka, Simak Syarat dan Tahapan Seleksinya

Mereka mulai berangkat ke Jakarta dari daerah masing-masing sejak Rabu (22/5/2024).

Kegiatan pelatihan dan pembinaan dalam rangka persiapan upacara Harlah 1 Juni 2024 diawali dengan pembukaan pada Kamis (23/5/2024) kemarin.

Dalam acara pembukaan tersebut, Wakil Kepala BPIP Rima Agristina, mengingatkan kepada Paskibraka Tingkat Nasional Tahun 2023, bahwa dalam pelatihan dan pembinaan ini mereka akan kembali ke dalam desa bahagia.

“Besok adik-adik akan kembali ke desa Bahagia, besok pagi adik-adik akan memulai prosesi belajar serta masuk ke dalam desa bahagia. Ingat desa bahagia bukan berarti wujudnya desa, desa bahagia itu ada di dalam hati, pikiran dan prilaku kita di manapun adik-adik berada," kata Rima dalam keterangan Sabtu (25/5/2024).

Rima juga mengingatkan kepada Paskibraka Tingkat Nasional Tahun 2023 untuk menjaga perilaku, sikap, hati dan pikiran agar tugas yang akan diemban pada upacara peringatan Harlah Pancasila 1 Juni 2024 bisa berhasil.

“Keberhasilan melaksanakan tugas Anda bisa tercapai atau apabila kita satu jiwa, satu jiwa sebagai sebuah tim yang akan bertugas mengibarkan Bendera Pusaka Merah Putih, kita akan berhasil bersama,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, pengarah program paskibraka itu juga menyampaikan bahwa peringatan Harlah Pancasila 1 Juni 2024 akan menjadi peristiwa bersejarah, karena dalam peringatan ini untuk pertama kalinya akan diserahkan duplikat Bendera Pusaka kepada Menteri Dalam Negeri, yang selanjutnya akan dibagikan juga kepada Gubernur, Bupati dan Walikota seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan BPIP Prakoso, menyampaikan definisi visi dan misi Bangsa Indonesia yang terdapat di dalam Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia (UUD NRI) 1945.

“Melindungi kita kalau Bersatu, harus melindungi Rakyat Indonesia itu, setelah itu (terlindungi) mensejahterakan, kalau sudah aman perlu sejahtera, setelah sejahtera kita perlu cerdas," ucapnya.   

Ia juga menjelaskan bahwa proses lahirnya Pancasila mulai dari 1 Juni 1945, kemudian didiskusikan dan menghasilkan rumusan Piagam Jakarta 22 Juni 1945, sampai menghasilkan rumusan final pada 18 Agustus 1945. Pancasila sebagai dasar negara pemersatu Bangsa Indonesia.

Adapun pada Jumat (24/5/2024) Paskibraka Tingkat Nasional Tahun 2023 mulai mengikuti proses pelatihan dan pembinaan. 

Dimulai dengan mengikuti gladian sentra yang dibawakan oleh DPPI, dilanjutkan dengan mengikuti orientasi lapangan dan Latihan formasi barisan di bawa pembinaan Kogartap I/Jakarta.

Sebelum mengikuti kegiatan orientasi lapangan dan Latihan formasi baris, ada prosesi serah terima Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2023 dari BPIP yang diwakili oleh Plt. Direktur Penyelenggaraan Program Paskibraka BPIP Leo Efriansa, kepada Wakaprot Kogartap I/Jakarta, Mayor CPM. Setyawan.

Sebelum berangkat ke Riau, Paskibraka Tingkat Nasional Tahun 2023 akan berlatih sampai dengan Hari Minggu (26/5/2024) dan akan berangkat pada Senin (27/5/2024) untuk melanjutkan pelatihan dan pembinaan dalam rangka persiapan upacara Harlah Pancasila 1 Juni 2024 di Blok Rokan, Riau.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat