androidvodic.com

Cegah Penelantaran Lansia saat Bonus Demografi, Kemensos Ajarkan Kepedulian pada Lansia Sejak Dini - News

Laporan Wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, ACEH - Kementerian Sosial berupaya menanamkan nilai-nilai kepedulian terhadap warga lanjut usia (lansia) sejak dini.

Penanaman nilai-nilai ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penelantaran para lansia saat bonus demografi terjadi.

Baca juga: Cerita Widodo dan Istri, Rela Dorong Kursi Roda Lansia Tetangga dan Bantu Jemaah Lain yang Tersasar

"Sehingga saat mereka dewasa, nilai-nilai itu sudah tertanam di diri mereka, sudah terinternalisasi. Sehingga pada saat 2030 ke sana Indonesia mengalami bonus demografi tidak akan ada penelantaran lansia," ujar Widyaiswara Ahli Utama Pudiklatbangprof Kemensos, Sri Tjahjorini Sugiharto di Aceh Utara, Senin (27/5/2024).

Menurut Sri, penelantaran lansia akan terjadi jika kesadaran untuk merawat lansia tidak ditumbuhkan dari sekarang.

Hal tersebut dapat berdampak pada saat Indonesia mengalami bonus demografi, akan banyak lansia yang renta tidak dipedulikan dan disisihkan oleh keluarganya.

"Sementara, panti-panti kita kan terbatas untuk merawat mereka, jika anak-anak ini tidak peduli, tidak aware dengan lansia. Akan dibawa kemana mereka ini? Dan akhirnya akan muncul lah lansia-lansia telantar di jalan, tidak diurus oleh keluarganya," tutur Sri.

Dalam menanamkan nilai-nilai tersebut, Kemensos menggelar Kemensos Goes to School dan pemilihan Duta Lansia.

Baca juga: Semua Usia Perlu Vaksinasi, PAPDI Harap Vaksin untuk Lansia Ditanggung BPJS Kesehatan

Sri mengungkapkan para Duta Lansia ini yang akan menjadi contoh dalam kepedulian terhadap lansia.

"Kalau kita sudah lahirkan duta lansia ini, mereka bisa jadi role model, bisa jadi teladan buat teman-temannya. Mudah-mudahan bisa dimanapun lansia ada di kecamatan ini, mereka bisa," kata Sri.

Seperti diketahui, Kementerian Sosial akan melaksanakan puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tahun 2024 di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh pada 29 Mei 2024.

Kegiatan bertema "Lansia Terawat Indonesia Bermartabat" ini berkomitmen untuk memberikan penghidupan yang layak dan meningkatkan kesejahteraan lansia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat