androidvodic.com

Matangkan Persiapan Upacara Hari Lahir Pancasila, TNI/Polri Apel Pasukan Pengamanan di Riau - News

Laporan Wartawan News, Chaerul Umam

News, JAKARTA - Persiapan dalam rangka menggelar upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila, di Lapangan Garuda Kompleks Pertamina Hulu Rokan (PHR), Riau, pada 1 Juni 2024 terus dimatangkan, termasuk untuk pengamanan VVIP.

Adapun pada hari ini, Kamis (30/5/2024) TNI/Polri menggelar apel pasukan di Lapangan Taman Bukit Gelanggang, Kelurahan Teluk Binjai, Kecamatan Dumai. 

Apel tersebut dipimpin Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan.

Dany mengatakan, agar seluruh personel menjalankan tugas pengamanan dengan baik, serius, dan penuh tanggung jawab. 

Sehingga, pelaksanaan upacara Harlah Pancasila dan seluruh kegiatan Presiden berlajalan lancar.

"Tujuan dilaksanakannya operasi pengamanan VVIP yaitu untuk menjamin keselamatan, keamanan, kelancaraan, dan kenyamanan Presiden dan rombongan selama melaksanakan aktivitas di Kota Dumai," kata Dany, dalam keteranganya, Kamis.

Turut hadir pada apel itu Wakapolda Riau Brigjen Pol K Rahmadi, Kabid Propam Polda Riau Kombes Edwin Louis Sengka, Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, Komandan Satuan Pertahanan Pangkalan Lanud Roesmin Nurjadin Letkol POM Yudi Faizar, Dansubdenpom AD Kapten CPM Otto Sipahutar, serta para pejabat utama Polres Dumai.

Selain itu, seluruh personel pengamanan agar berkoordinasi dan kerja sama secara baik sehingga dapat tercipta sinergisitas maksimal. 

Dany meminta personel yang terlibat pengamanan diminta memahami tugas, cara bertindak dan tanggung jawab. 

“Laksanakan pengecekan kesiapan personel maupun materil sebelum pelaksanaan tugas. Perhatikan faktor keamanan selama pelaksanaan kegiatan pengamanan berlangsung,'' tandas Dany.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan hadir secara langsung untuk menjadi inspektur upacara. 

Selain itu, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin juga dijadwalkan hadir. Ketua MPR Bambang Soesatyo akan bertindak sebagai pembaca teks Pancasila.

Ketua DPR Puan Maharani akan menjadi pembaca UU 1945.

Baca juga: Peringatan Harlah Pancasila Bakal Digelar di Blok Rokan, Jokowi Direncanakan jadi Inspektur Upacara

Doa akan dibacakan oleh Menko PMK Muhadjir Effendy. Upacara akan melibatkan Paskibraka tingkat nasional dan Provinsi Riau.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat