androidvodic.com

4 Kejahatan Chaowalit Thongduang, Buronan Nomor 1 Thailand yang Ditangkap di Indonesia - News

News - Buron nomor 1 Thailand, Chaowalit Thongduang atau Sia Paeng Nanod alias yang memakai nama samaran Sulaiman saat kabur ke Indonesia ini ditangkap polisi setelah tujuh bulan melarikan diri.

Chaowalit ditangkap di sebuah apartemen di Badung, Bali, Indoensia oleh Kepolisian Negara RI pada Kamis (30/5/2024).

Kabareskrim Polri Komjen Pol Wahyu Widada mengatakan, dasar dari penangkapan yang dilakukan terhadap buronan Chaowalit adalah adanya red notice control dari Royal Thai Police yang dikeluarkan pada tanggal 16 Februari 2024 atas nama Chaowalit Thongduang.

Atas perintah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan juga hasil koordinasi dengan Royal Thai Police, Polri pun melakukan pendalaman hingga akhirnya menangkap Chaowalit di sebuah apartemen di Kecamatan Badung, Bali.

Penangkapan dilakukan berdasarkan koordinasi bersama Polda Bali, Polda Sumut, dan Polda Aceh.

Saat penangkapan tersebut, polisi menemukan empat buah ponsel dan identitas palsu berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan akta kelahiran atas nama Sulaiman dari Aceh Timur, Provinsi Aceh.

“Chaowalit Thongduang alias Pang Na-Node alias Sulaiman, tim gabungan mengamankan beberapa barang bukti, berupa empat buah handphone, identitas palsu berupa Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, dan akta kelahiran atas nama Sulaiman, sebagai penduduk dari Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh,” ujar Widada dalam konferensi pers di Gedung Bareskrim Polri, Minggu (2/6/2024).

Widada juga mengungkapkan, Chaowalit telah melakukan berbagai kejahatan serius hingga membuatnya menjadi buronan paling dicari di Thailand.

Berikut adalah daftar kejahatan Chaowalit, dikutip dari Humas Polri.

  • Pembunuhan Anggota Polisi

Chaowalit tercatat melakukan pembunuhan terhadap seorang anggota polisi di Thailand, yang merupakan bagian dari upaya penculikan pada 2 September 2019 di provinsi Phatthalung.

  • Penembakan Anggota Kehakiman

Chaowalit juga terlibat dalam penembakan terhadap anggota kehakiman di Thailand, hal tersebut menambah daftar kejahatannya semakin berat.

Baca juga: Buronan Chaowalit Thongduang Diserahkan ke Thailand Besok, Diterbangkan Pakai Pesawat Khusus

  • Pembuatan Identitas Palsu

Selain itu, Chaowalit juga membuat identitas palsu, yakni KTP dan dokumen lainnya untuk melarikan diri dan bersembunyi di Indonesia.

  • Masuk Jaringan Narkoba Internasional

Chaowalid diketahui juga merupakan nos narkoba jaringan internasional Myanmar-Thailand-Australia.

Dari hasil koordinasi bersama Royal Thai Police, disebutkan Chaowalit merupakan salah seorang bandar narkoba.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat