androidvodic.com

BPN: Program Bansos Beras 10 Kg Lanjut hingga Akhir Tahun, tapi Diberikan 2 Bulan Sekali - News

News - Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA), Arief Prasetyo Adi mengungkapkan program bantuan sosial (bansos) berupa beras 10 kilogram bakal diberikan dua bulan sekali.

Sehingga, setelah diberikan kepada masyarakat pada bulan Juni ini, maka pemberian bansos beras 10 kilogram akan berlanjut di bulan Agustus, Oktober, dan Desember.

Arief menuturkan program bansos beras 10 kilogram ini menyasar 22 juta keluarga miskin di Indonesia.

“Alhamdulilah, hari ini Bapak Presiden Jokowi telah memberikan persetujuan keberlanjutan bantuan pangan beras untuk terus dikucurkan kepada 22 juta keluarga se-Indonesia, berupa beras kualitas terbaik dari Bulog 10 kilogram per keluarga per dua bulan,” ujarnya dikutip dari laman Badan Pangan Nasional, Selasa (4/6/2024).

Arief mengungkapkan keberlanjutan pemberian bansos beras 10 kilogram ini begitu penting lantaran harga pangan global menunjukan adanya kenaikan.

Sehingga, sambungnya, dengan adanya bansos ini, maka masyarakat Indonesia sudah bersiap untuk menghadapi kenaikan harga pangan jika terjadi.

“Kita di Indonesia punya banpang ini karena tidak ada negara lain yang memberikan bantuan pangan gratis dalam bentuk beras, kecuali Indonesia. Dengan instrumen ini, kita yakin dapat menjaga kondisi perberasan sekaligus inflasi nasional,” tuturnya.

Lebih lanjut, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), program bansos beras 10 kilogram ini berdampak positif terhadap pengendalian inflasi secara nasional, khususnya beras.

Pada bulan Mei 2024, inflasi mengalami pelemahan menjadi minus 3,59 persen dengan andil terhadamp inflasi minus 0,15 persen.

Baca juga: Bansos Beras 10 Kg Bulan Juni 2024 Sudah Cair, Ini Cara Mendapatkannya

Adapun kondisi ini karena ketersediaan stok beras yang memadai di mana produksi dalam neger dalam tiga bulan terakhri cukup tinggi.

“Pada Maret 2024, produksi beras tercatat memiliki angka potensi 3,38 juta ton. Di April 2024, angka potensi di 5,31 juta ton dan Mei 2024 di 3,58 juta ton,” demikian data BPS mengutip dari Badan Pangan Nasional.

Cara Dapat Bansos Beras 10 Kilogram

Ada empat kategori masyarakat agar bisa mendapatkan bansos beras 10 kg.

Pertama, penerima bansos Program Keluarga Harapan (PKH).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat