androidvodic.com

Hasto Kristiyanto Disebut Dilaporkan ke Polisi soal Pernyataan Kecurangan Pemilu 2024 - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto selesai diperiksa oleh penyidik Polda Metro Jaya pada Selasa (4/6/2024).

Pengacara Hasto, Patra M Zen menyebut jika kliennya itu dilaporkan buntut pernyataannya soal kecurangan Pemilu 2024.

"Justru laporanya, kita baca laporan, laporan kaitannya dengan kecurangan pemilu katanya pernyataan lalu katanya ada unsur pidana," kata Patra di Polda Metro Jaya, Selasa (4/6/2024).

Meski begitu, Patra tak membeberkan lebih detil soal pelaporan tersebut.

Dia hanya mengatakan jika kliennya juga sempat bertanya ke penyidik soal poin apa yang dipermasalahkan saat diwawancarai salah satu media nasional..

"Justru itu yang ditanyakan Pak Hasto tadi dalam pemeriksaan. Sebelum melanjutkan (pemeriksaan), Pak Hasto tadi bertanya malah, klarifikasi, pernyataan apa yang katanya menghasut, pernyataan yang katanya membuat keonaran. Justru kita bertanya," ucap dia.

Apalagi, kata Patra, pernyataan Hasto soal kecurangan pemilu itu juga telah disampaikan oleh tiga hakim konstitusi yang memberikan dissenting opinion dalam gugatan sengketa Pilpres.

"Jadi, ini sekali lagi, adalah hak pak Hasto untuk menyuarakan kebenaran termasuk kecurangan Pemilu yang sudah menjadi pertimbangan hakim majelis konstitusi di tiga dissenting opinion," ujarnya.

Hasto sendiri diketahui dilaporkan oleh dua orang bernama Hendra dan Bayu Setiawan di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya.

Dia diduga melanggar tindak pidana Penghasutan dan atau Menyebarkan Informasi Elektronik dan atau Dokumen Elektronik Yang Memuat Pemberitaan Bohong Yang Menimbulkan Kerusuhan di Masyarakat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 160 KUHP dan atau Pasal 28 ayat (3) Jo. Pasal 45A ayat (3) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Hasto meyakini ada pihak yang memerintahkan atau mengorder di balik pelaporan yang ditujukkan kepadanya di Polda Metro Jaya.

Diminta ke Dewan Pers

Hasto diperiksa hampir tiga jam lamanya oleh penyidik kepolisian soal pernyataannya di salah satu media nasional yang diduga menghasut hingga timbul kerusuhan.

"Karena diduga penyataan saya itu dianggap sebagai suatu bentuk penghasutan yang membuat adanya tindak pidana dan membuat adanya suatu berita bohong yang diduga kemudian berita bohong itu menciptakan kerusuhan," kata Hasto kepada wartawan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat