androidvodic.com

Satu Hari Setelah Kepala Otorita Mundur, Jokowi Kunjungi IKN, Ini Daftar Pejabat yang Mendampingi - News

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menghadiri groundbreaking Gedung Kampus Program Doktor International Universitas Gunadarma, di Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (4/6/2024)

Kunjungan Jokowi ke Provinsi Kalimantan Timur dilakukan satu hari setelah Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe mengundurkan diri dari posisi Kepala dan Wakil Otorita IKN.

Selain meresmikan sejumlah pembangunan infrastruktur di IKN, Jokowi juga membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XVII Tahun 2024, di Kaltim, Rabu (5/6/2024).

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Provinsi Kalimantan Timur adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang juga Plt. Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang juga Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni, serta Wishnutama Kusubandio.

Selain itu Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, serta Plt. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana.

"Baru saja tadi saya melakukan peletakan batu pertama untuk sekolah SD, SMP dan SMA Al Azhar Summarecon di Ibu kota Nusantara kita ini. Karena apapun warga Nusantara nantinya, penduduk IKN nantinya, ini semuanya pasti akan sangat membutuhkan pendidikan baik SD, SMP, SMA dan universitas," kata Jokowi.

Jokowi menyampaikan apresiasi kepada Universitas Gunadarma sebagai universitas pertama yang akan dibangun di IKN.

"Yang nanti akan mengambil program doktoral internasional yang kerja sama dengan universitas di Prancis, Slovakia, dan lain-lainnya. Sehingga SDM yang kita miliki nantinya akan memiliki kualitas yang sangat baik. Karena saat ini memang persaingan antar negara, kompetisi antar SDM di negara-negara ini begitu sangat ketatnya," kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengungkap bahwa kawasan IKN mendapat pujian dari pemilik Emaar Properties asal Uni Emirat Arab beberapa waktu lalu.

Menurut Jokowi, saat itu pemilik Emaar Properties memuji IKN sebagai lokasi yang paling indah jika dibandingkan dengan berbagai lokasi lain yang pernah ia kunjungi untuk menanamkan investasi.

Adapun pemilik Emaar Properties yang diceritakan Jokowi yakni Founder and Managing Director, Mohamed Ali Rashed Alabbar dan Managing Director, Ahmad Thani Rashed Almatrooshi yang sebelumnya mengunjungi IKN pada pada 26 Mei 2024.

"Jadi kalo pemiliknya Emaar (Emaar properties) dari Dubai, Uni Emirat Arab. Beliau kita bawa ke Nusa Dua, ke Mandalika, ke Labuan Bajo. (Lalu) dibawa lagi ke sini ke Nusantara, baru ke Jakarta ketemu saya," ujar Jokowi saat memberikan sambutan pada peresmian Astra Biz Center dan Nusantara Botanical Garden di kawasan IKN, Kalimantan Timur.

"Apa yang beliau sampaikan kepada saya? 'Presiden Jokowi, tidak ada tempat yang paling baik yang paling indah. Saya sudah investasi di banyak negara, ini adalah tempat yang terbaik'," lanjutnya menirukan pembicara ketika itu.

Namun, Jokowi saat itu langsung memberikan respons bahwa ia tak butuh pujian untuk keindahan IKN di Kalimantan Timur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat