androidvodic.com

Usai Bertemu Pimpinan MPR, NasDem Sepakat Dilakukannya Amendemen UUD 1945 - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Fraksi Partai NasDem di MPR menyatakan sepakat dengan dilakukannya amendemen Undang-Undnag Dasar Negara Republik Indonesia (UUD NRI) 1945

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua DPP Partai NasDem Taufik Basari alias Tobas usai pihaknya menerima kunjungan para pimpinan MPR RI yang diketuai Bambang Soesatyo (Bamsoet) di NasDem Tower, Selasa (3/6/2024) sore.

"Pada dasarnya, Fraksi Partai NasDem mendukung amendemen UUD 1945," kata Tobas saat jumpa pers di NasDem Tower.

Hanya saja, kata Tobas, dilakukannya amandemen UUD 1945 itu harus didahulukan dengan evaluasi secara menyeluruh terlebih dahulu.

Baca juga: Catatan Ketua MPR RI: Negara Wajib Peduli Masa Depan dan Tantangan Gen Z

Adapun evaluasi yang dimaksud yakni terkait dengan penerapan atau pelaksanaan UUD 1945 saat ini.

"Tetapi kita mengharapkan didahului dengan evaluasi secara menyeluruh ya terhadap pelaksanaan undang-undang dasar 1945 hasil amandemen ini," ujar dia.

Lebih lanjut, Anggota Komisi III DPR RI itu menyatakan kalau Surya Paloh sebagai Ketua Umum Partai NasDem juga berpandangan bahwa amendemen konstitusi bukanlah hal yang tabu.

Terpenting kata Tobas, pihaknya tidak sepakat jika amendemen dilakukan tanpa adanya proses evaluasi menyeluruh terlebih dulu.

"Kita justru tidak menginginkan amendemen itu hanya semata-mata dilakukan untuk menempatkan PPHN saja yang seperti sekarang sedang didorong, bukan. Tapi justru kita ingin melakukan evaluasi dulu dari seluruh pelaksanaan UUD ini ya," ujar dia.

Lebih lanjut, Tobas juga menyampaikan pesan dari Surya Paloh sebagai pihak yang ditemui oleh pimpinan MPR RI agar MPR bisa segera mensosialisasikan saran amandemen itu.

Hal itu penting kata dia, agar publik bisa mengerti apa yang menjadi substansi dari terjadinya amandemen.

"Agar kebutuhan amandemen, substansi amendemen, evaluasi terhadap UUD ‘45 ini ya menjadi satu diskursus publik yang meluas, tidak hanya terbatas pada elit-elit politik saja," kata Tobas.

"Itulah yang menurut saya bisa menjadi bahan untuk momentum konstitusional ya. Harus berangkat dari akar rumput ya untuk kemudian itu menjadi alasan dilakukannya amandemen terhadap undang-undang dasar 45," tukasnya.

Pimpinan MPR ke Nasdem

Sebagai informasi, sederet pimpinan MPR RI, Selasa (3/6/2024) sore melakukan silaturahmi kebangsaan ke Partai NasDem.

Adapun mereka yang datang yakni Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, serta para wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, Ahmad Basarah, Fadel Muhammad, Lestari Moerdijat, dan Amir Uskara.

Mereka datang ke NasDem Tower disambut oleh Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim, Ketua DPP Partai NasDem Taufik Basari dan melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat