androidvodic.com

4 Info Terbaru Soal IKN dan Cerita Kunjungan Jokowi ke Ibu Kota Nusantara Cek Persiapan HUT ke-79 RI - News

News, JAKARTA - Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi sorotan karena Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN mengundurkan diri.

Alasan mundurnya dua unsur pimpinan IKN itu menuai banyak komentar publik, apalagi di tengah berbagai konflik pertanahan dengan masyarakat adat dan potensi terganggunya investasi.

Saat dimintai tanggapan terkait hal itu, Presiden Joko Widodo meminta wartawan menanyakan langsung kepada Bambang dan Dhony.

"Ditanyakan ke Bapak Bambang dan Pak Donnie karena alasannya alasan pribadi," kata Jokowi di Depan Istana Negara Nusantara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu (5/6/2024).

Jokowi mengatakan, setelah tidak menjabat Kepala IKN, Bambang Susantono akan mendapatkan penugasan baru sebagai utusan khusus kerja sama internasional dalam rangka mempercepat pembangunan IKN.

"Karena memang pengalaman beliau di internasional kita manfaatkan sebesar-besarnya bagi kebaikan negara," kata Jokowi.

Tapi Jokowi memastikan bahwa persiapan peringatan HUT ke-79 RI yang digelar 17 Agustus mendatang di IKN, sudah hampir final.

Dalam kunjungan kerja ke Kalimantan Timur, Tribun mencatat empat hal yang dilakukan Jokowi.

1. Persiapan peringatan HUT ke-79 RI di IKN hampir final

Jokowi mengatakan bahwa persiapan peringatan HUR ke-79 RI yang digelar 17 Agustus di IKN, sudah hampir final.

Menurut Presiden tidak ada masalah berarti dalam menyiapkan peringatan kemerdekaan yang untuk pertama kalinya digelar di IKN tersebut.

"Untuk persiapan 17-an sudah hampir final, tidak ada masalah di lapangan," kata Jokowi di Depan Istana Negara Nusantara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu, (5/6/2024).

Presiden mengatakan sudah mengecek semua persiapan peringatan HUT RI, mulai dari venue hingga rangkaian upacara.

"Jadi pembangunan kira-kira pertengahan Juli yang di sini (Istana Merdeka Nusantara) udah siap dan akan mulai untuk persiapan 17 Agustus," katanya.

Pembangunan Istana di IKN sendiri, kata Jokowi sudah hampir 80 persen. Saat ini yang masih dalam proses penyelesaian yakni bagian interior dan eksterior.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat