androidvodic.com

BREAKING NEWS: Pemerintah Tetapkan Idul Adha Jatuh pada 17 Juni - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Pemerintah menetapkan 1 Zulhijah 1445 Hijriah jatuh pada esok hari, Sabtu (8/6/2024).

Penetapan ini dilakukan setelah Pemerintah melakukan sidang Isbat di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, pada hari ini, Jumat (7/6/2024).

Kementerian Agama sebelumnya telah melakukan pengamatan hilal di 114 titik pada seluruh Indonesia.

"Disepakati tanggal 1 Zulhijjah 1445 Hijriah jatuh pada hari Sabtu tanggal 8 Juni 2024. Hari Raya Idul Adha, Senin 17 Juni 2024," ujar Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, pada hari ini, Jumat (7/6/2024).

Baca juga: Ramainya Tradisi Sabilillah, Sedekah Orang Arab di Musim Haji, Melon, Kurma hingga Es Krim Gratis

Berdasarkan ketetapan ini, maka Hari Raya Idul Adha jatuh pada 17 Juni 2024.

Seperti diketahui, hilal awal Dzulhijjah 1445 H telah teramati pada beberapa wilayah Indonesia pada hari Jumat 7 Juni 2024.

Menurut kriteria baru MABIMS, imkanur rukyat dianggap memenuhi syarat apabila posisi hilal mencapai ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.

Kriteria ini merupakan pembaruan dari kriteria sebelumnya, yakni 2 derajat dengan sudut elongasi 3 derajat yang mendapat masukan dan kritik.

Tinggi hilal antara 7 derajat sampai 10 derajat. Tinggi hilal sudah jauh di atas kriteria MABIMS seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Niat Puasa Dzulhijjah, Arafah, Tarwiyah Jelang Idul Adha 1445 H, Lengkap Tulisan Arab dan Terjemahan

Jadi untuk wilayah Indonesia tanggal ini. Di dunia luar biasa 7 derajat, 8 derajat, 9-11 derajat. Lalu semakin ke Barat semakin tinggi.

Sehingga kalau tadi digabungkan kadi kriteria MABIMS. Maka di seluruh wilayah NKRI ini posisi hilal sudah masuk kriteria. Hilal mungkin bisa diamati. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat