androidvodic.com

Dibentuk Era Firli Bahuri, KPK Kini Hapus Nomenklatur Juru Bicara Penindakan dan Pencegahan - News

News, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghapus nomenklatur juru bicara bidang penindakan dan pencegahan.

Hal itu seiring dengan ditunjuknya tim juru bicara baru melalui Surat Keputusan (SK) pimpinan KPK yang ditetapkan pada Jumat (7/6/2024).

“Iya betul,” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat KPK Yuyuk Andriati Iskak saat dikonfirmasi, Sabtu (8/6/2024).

Nomenklatur jubir penindakan dan pencegahan sebelumnya dibentuk era kepemimpinan Firli Bahuri.

Posisi jubir penindakan diisi Ali Fikri, sementara jubir bidang pencegahan dipercayakan kepada Ipi Maryati Kuding.

KPK pun telah memperkenalkan jubir KPK yang baru yakni Tessa Mahardhika Sugiarto dan tim juru bicara yang dikomandoi oleh Budi Prasetyo.

Keduanya dikenalkan di hadapan wartawan pada Jumat (7/6/2024).

Yuyuk menerangkan, penunjukan tim juru bicara baru tersebut dilatarbelakangi oleh intensitas penugasan Ali Fikri dan Ipi Maryati yang semakin banyak. 

“Saat ini Mas Ali tetap menduduki sebagai Kepala Bagian Pemberitaan di Biro Humas, sedangkan Mbak Ipi punya penugasan sebagai Kepala Satuan Tugas di Direktorat Anti-Korupsi Badan Usaha (AKBU) di bawah Kedeputian Pencegahan dan Monitoring,” terang Yuyuk. 

“Mengingat intensitas penugasan keduanya semakin banyak serta ada kebutuhan penguatan tim juru bicara, mengingat perkembangan dan dinamika kelembagaan juga, jadi pimpinan menugaskan tim juru bicara baru melalui Surat Keputusan Pimpinan tentang Pengangkatan Tim Juru Bicara pada KPK,” imbuhnya.

Pimpinan KPK menunjuk penyidik Polri, Tessa Mahardhika (kanan) sebagai juru bicara KPK definitif menggantikan Plt juru bicara KPK Ali Fikri (kiri).
Pimpinan KPK menunjuk penyidik Polri, Tessa Mahardhika (kanan) sebagai juru bicara KPK definitif menggantikan Plt juru bicara KPK Ali Fikri (kiri). (Kolase Tribunnews/Kompas.com/net)

Yuyuk menambahkan penugasan tim juru bicara baru tersebut sudah mulai efektif per Jumat (7/6/2024). 

“Jadi, saya memperkenalkan kepada teman-teman juru bicara dan tim juru bicara yang hari ini mulai bertugas,” katanya. 

Sebelumnya, Ketua Sementara KPK Nawawi Pomolango menjelaskan keputusan tersebut diambil dalam rangka penyegaran organisasi. 

"Enggak ada salahnya kalau kami berencana melakukan semacam 'penyegaran' sekaligus memberi ruang kesempatan pada pegawai-pegawai KPK lainnya untuk menjadi 'corong' lembaga," kata Nawawi. 

Adapun Ali Fikri sudah buka suara mengenai keputusan pimpinan tersebut. 

Pegawai KPK berlatar belakang jaksa itu mengaku mendapat informasi mendadak perihal penunjukan Tessa Mahardhika Sugiarto sebagai juru bicara lembaga oleh pimpinan KPK. 

Baca juga: KPK Bantah Tangkap Pengusaha Said Amin saat Geledah Rumahnya di Samarinda

Terlepas dari itu, sebagai pegawai, Ali Fikri menyatakan akan mematuhi keputusan sepanjang melewati proses yang transparan. 

Sebab, bagi dia, KPK merupakan role model untuk lembaga lain dalam setiap pekerjaannya. 

"Pemberantasan korupsi harus tetap jalan dan terima kasih kepada teman-teman media atas dukungan kepada KPK dan pemberantasan korupsi," ujar Ali.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat