androidvodic.com

Mahfud MD Vs Habiburokhman, Eks Menko Polhukam Diminta Jangan Banyak Komentar: Omong Kosong Saja - News

News, JAKARTA - Pernyataan Mahfud MD yang menyebut kasus pembunuhan Vina Cirebon bisa selesai dalam waktu 7 hari, memantik reaksi DPR.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Habiburokhman meminta mantan Menko Polhukam itu tidak lagi banyak berkomentar.

“Omong kosong sajalah Pak Mahfud, sudah game over jangan banyak komentar lagi,” kata Habiburokhman dalam wawancaranya dengan Kompas TV, Rabu (12/6/2024).

Sebelumnya, Mahfud, yang juga cawapres nomor urut 3 di Pilpres 2024 lalu, menyoroti karut marutnya kasus pembunuhan Vina di Cirebon pada 2016 lalu.

Mahfud bahkan menyebut ada permainan hukum di sana.

Lebih jauh, Mahfud MD berharap presiden terpilih Prabowo Subianto turun tangan untuk menyelesaikan kasus Vina Cirebon ini.

Habiburokhman pun langsung merespons pernyataan Mahud MD di atas.

Menurutnya, kasus hukum tidak boleh ditangani berdasarkan asumsi.

“Aneh sekali kalau bikin lembaga lain di luar aparat penegak hukum yang ada, baik institusinya maupun pedoman,” ucap Habiburokhman.

Habiburokhman kemudian merekomendasikan agar upaya hukum dalam kasus Vina Cirebon dilakukan dengan cara peninjauan kembali atau PK.

Dengan catatan, ditemukan bukti baru yang memperkuat hal itu.

“Kalau itu memang ada perkembangan bukti-bukti baru, karena yang namanya peninjauan kembali silakan saja ditempuh. Selama ini kan sudah ada putusan yang berkekuatan hukum, kalau itu belum diubah, belum ada novum juga yang diajukan untuk mengubahnya. Itulah yang harus kita pedomani," ujar Habiburokhman.

“Jangan persoalan hukum itu kita sikapi dengan asumsi. Apalagi asumsi dari masing-masing orang yang tidak memiliki kompetensi. Jangan hanya pakai hukum berpendapat, berasumsi begini, faktanya seperti apa harus kita ikuti prosedur yang benar. Sudah ada putusan berkekuatan hukum tetap, ya satu satu-satunya cara yang berubah ya dengan PK.”

Pesan Pegi kepada Netizen dan Presiden Jokowi

Pegi Setiawan, tersangka kasus pembunuhan Vina Cirebon dikunjungi ibundanya, Kartini di Polda Jabar pada Rabu (12/6/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat