androidvodic.com

Sosok yang Beberkan Lokasi Pelarian Harun Masiku, selain Bukti HP Sekjen PDIP Hasto Disita KPK - News

News - Lokasi berada Harun Masiku disinyalir terbongkar oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal ini tak lama setelah KPK melakukan sejumlah upaya pemeriksaan terhadap saksi-saksi perkara dugaan suap penetapan anggota DPR RI 2019-2024 di mana Harun Masiku diduga sebagai pelakunya buron sejak 29 Januari 2020.

Saksi-saksi yang diperiksa KPK termasuk Sekjen PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto dan stafnya, Kusnadi.

Dalam pemeriksaan oleh penyidik KPK, gawai alias handphone (hp) milik Hasto disita pada 10 Juni 2024.

Tak lama berselang, KPK melalui Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengungkap beberapa indikasi terhadap pencarian Harun Masiku.

Mulai dari lokasi, pekerjaan hingga negara tempat pelarian Harun Masiku.

Selain Hasto, KPK juga memeriksa dua sosok lainnya, yakni dua mahasiswa serta seorang pengacara yang dicecar tim penyidik KPK untuk mencari tahu lokasi persembunyian Harun, termasuk dugaan adanya pihak yang dengan sengaja menyembunyikan Harun Masiku.

Bahkan penyidik KPK sempat memanggil mantan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan.

Pada pemanggilan Kamis, 28 Desember 2023 itu, salah satu materi pemeriksaan yang ditanyakan KPK kepada Wahyu adalah terkait keberadaan Harun Masiku.

Dari pemeriksaan tersebut, KPK mengumpulkan keterangan dan bukti dari total 6 saksi, antara lain Hasto, Kusnadi, dua mahasiswa, satu pengacara, dan Wahyu Setiawan.

Di Mana Harun Masiku?

Baca juga: KPK Tegaskan Tangkap Harun Masiku Bukan Sesumbar, Tim Pergi ke Malaysia dan Filipina

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengungkap sederet upaya pihaknya dalam memburu mantan caleg PDIP, Harun Masiku.

Harun Masiku sudah berstatus sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak Januari 2020 dalam kasus dugaan suap penetapan anggota DPR RI periode 2019–2024.

"Yang jelas, penyidik berusaha untuk mencari yang bersangkutan. Kan sudah empat tahun, empat tahun itu bukan berarti tidak kita cari," kata Alex di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (12/6/2024).

Alex mengatakan, pihaknya mengirim tim penyidik ke dua negara di Asia Tenggara untuk mencari Harun Masiku. Dua negara dimaksud yakni Malaysia dan Filipina.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat