androidvodic.com

Kemensos akan Berikan Program Bantuan Pemberdayaan Bagi Pengidap Kusta yang Sudah Sembuh - News

Laporan Wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, BANTEN - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan pihaknya akan memberikan bantuan pemberdayaan untuk pengidap kusta yang sudah sembuh.

Kemensos saat ini sedang menggiatkan bantuan untuk para pengidap kusta di berbagai daerah.

Baca juga: Warga Kampung Kusta Sitanala Tangerang Diberdayakan Lebih Produktif Melalui Pelatihan Kewirausahaan

"Kalau untuk pemberdayaan, kalau misalkan keluarga yang sembuh dia mau berdayakan kita akan bantu," ucap Risma di Pandeglang, Banten, Jumat (14/6/2024).

Risma mengatakan program bantuan kepada para pengidap kusta telah diberikan di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bantuan tersebut berupa alat-alat pertanian. Meski begitu, Risma mengakui masih ada stigma di masyarakat terhadap para pengidap kusta.

"Jadi kita udah banyak bantu di kelompok-kelompok terutama di NTT kan mereka ada klaster, ada kelompok itu kita bantu alat pertanian," ucap Risma.

"Memang masih ada stigma mereka takut yang menggunakan hasil pertanian mereka itu masih ada yang takut. Kita nggak bisa itu memaksakan karena itu yang bisa kita gunakan yang penting untuk mereka dulu," tutur Risma.

Bantuan juga diberikan dalam bentuk ayam petelur. Ayam petelur ini akan menjadi sumber gizi bagi masyarakat.

"Karena itu kenapa tadi kita mulai sekarang kita bantu ayam petelur untuk gizi mereka. Kalau ayam itu tiap hari bertelur, tiap hari bisa digunakan sehingga gizi mereka lebih bagus," kata Risma.

Sebelumnya, Menteri Sosial Tri Rismaharini membangun sejumlah lumbung sosial untuk membantu penyintas kusta di Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat