androidvodic.com

Warga Bibida Mengungsi ke Gereja Madi, TNI Sebut yang Bergerak ke Hutan Bibida Simpatisan OPM - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Sejumlah warga Distrik Bibida Kabupaten Paniai dilaporkan mengungsi ke Gereja Madi di Kabupaten Paniai Papua Tengah.

Dalam foto yang diterima News, Selasa (18/6/2024), tampak sejumlah warga tersebut duduk di dalam sebuah gedung gereja berlantai tanah.

Baca juga: Operasi Perburuan OPM di Distrik Bibida Berlanjut, TNI Tembak Seorang Pembelot

Mereka duduk dan tidur beralaskan terpal biru.

Tampak juga sejumlah barang bawaan mereka tergelar di atas terpal biru tersebut.

Dalam foto tersebut terlihat juga perempuan dan balita.

Sementara itu dalam foto lainnya, terlihat warga turun dari truk TNI Polri di halaman sebuah gereja.

Mereka menggandeng sejumlah balita dan menenteng barang bawaan.

Terlihat juga sejumlah aparat keamanan bersenjata dan mengenakan rompi serta helm.

Komandan Satgas Media Koops Habema TNI Letkol Arh Yogi Nugroho mengatakan sebelumnya masyarakat telah mengajukan permohonan bantuan dukungan truk-truk aparat keamanan yang berada di lapangan untuk mengungsikan mereka sementara waktu dari wilayah Bibida ke Gereja Madi di Kabupaten Paniai.

Baca juga: TNI Bergerak Cepat Mengejar OPM, Rebut Wilayah Distrik Bibida yang Selama Ini Dikuasai oleh OPM

Hal tersebut, merupakan bentuk dukungan Operasi Penindakan Aparat Keamanan terhadap Organisasi Papua Merdeka (OPM) dalam hal ini kelompok Undius Kogoya yang selama ini menguasai Distrik Bibida.

Berdasarkan pantauan aparat keamanan, OPM masih mencoba mengganggu masyarakat di sana.

Sementara itu, berdasarkan pantuan aparat keamanan, para personel OPM yang mencoba mengganggu wilayah Bibida menempatkan posisinya di Hutan Bibida dan sekitarnya.

"Keberadaan warga Bibida mengungsi sementara waktu ke Gereja Madi di Kabupaten Paniai telah menganulir pernyataan sebuah Akun Media Sosial di Facebook, atas nama Haren M Swall, bahwa masyarakat mengungsi ke Hutan Bibida," kata Yogi dalam keterangan tertulis pada Selasa (18/6/2024).

Menghadapi upaya gangguan OPM terhadap wilayah Bibida, para tokoh masyarakat yang mewakili suara para warga setempat, telah menyampaikan kepada pihak aparat keamanan tentang dukungan mereka terhadap Operasi Penindakan Apkam Gabungan terhadap OPM.
Menghadapi upaya gangguan OPM terhadap wilayah Bibida, para tokoh masyarakat yang mewakili suara para warga setempat, telah menyampaikan kepada pihak aparat keamanan tentang dukungan mereka terhadap Operasi Penindakan Apkam Gabungan terhadap OPM. (Satgas Koops Habema)

"Dengan demikian, apabila ada warga yang bergerak ke Hutan Bibida, dapat dipastikan sebagai simpatisan atau anggota OPM," sambung dia.

Sebelumnya, aparat keamanan gabungan telah berhasil merebut wilayah Distrik Bibida Kabupaten Paniai Papua Tengah yang selama ini dikuasai Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 14 Juni 2024.

Perebutan tersebut dilakukan saat Operasi Pengejaran terhadap Kelompok OPM pimpinan Undius Kogoya yang membunuh dan membakar warga di Distrik Paniai Timur, Selasa (11/6/2024).

Namun demikian, OPM masih mengganggu keamanan di wilayah Bibida.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat