androidvodic.com

Imifest 2024 Bandung Siap Layani 1.000 Pemohon Paspor dan Edukasi Cara Aman Ke Luar Negeri - News

News - Direktorat (Ditjen) Imigrasi akan menggelar Festival Imigrasi “Imifest” 2024 di Sasana Budaya Ganesa ITB, Bandung, Jawa Barat pada Sabtu (22/06/2024).

Bekerja sama dengan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung, sebanyak 1.000 pemohon paspor akan dilayani dalam perhelatan tersebut.

“Imifest merupakan program edukasi dan sosialisasi kebijakan keimigrasian yang digelar di kota-kota berbeda setiap tahunnya dengan berbagai tema.

Kali ini, Ditjen Imigrasi mengusung tema “Cekatan Pastikan Pelesiran Aman”, yang menitikberatkan pentingnya kesadaran masyarakat dalam memastikan kebenaran data pemohon paspor dan tujuan keberangkatannya agar aman selama berada di luar negeri,” ujar Penanggung Jawab Humas Ditjen Imigrasi, Achmad Nur Saleh pada Rabu (19/06/2024).

Terdapat dua talkshow pada Imifest 2024 Bandung yang dibuka untuk masyarakat umum. Talkshow pertama, “Paspor Aman Liburan Nyaman” akan memberikan wawasan seputar bagaimana tahapan permohonan paspor yang benar, apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum keberangkatan ke luar negeri, hingga tips-tips traveling seru.

Dalam sesi ini, peserta yang hadir juga akan mendapatkan pengetahuan tentang hal-hal yang perlu diwaspadai agar meminimalisasi risiko kerugian oleh oknum tak bertanggung jawab.

Talkshow berikutnya, “Work and Holiday Visa” akan membahas serba-serbi dan tips agar mendapatkan surat rekomendasi dari Ditjen Imigrasi untuk mengajukan permohonan Work and Holiday Visa (WHV) Australia.

Selama bertahun-tahun, program Work and Holiday Visa menjadi salah satu pilihan muda-mudi dalam rentang usia 18-30 tahun untuk berlibur di Australia sambil mengisi pundi-pundi tabungannya dengan bekerja secara nonformal di Negeri Kangguru itu.

Dalam talkshow ini, peserta juga akan mendengar pengalaman langsung dari narasumber yang sudah menjalani program tersebut.

Untuk mengisi perut dan dahaga selama rangkaian acara, pengunjung dapat berbelanja di stand makanan dan minuman yang tersedia di luar area pelayanan paspor.

Jika ingin sekaligus malam mingguan, pengunjung dapat menikmati alunan musik dari band Juicy Lucy yang akan tampil pada penutupan acara.

Pada tahun 2023, Imifest sukses diselenggarakan di kota Denpasar, Bali dan Yogyakarta, DIY. Ditjen Imigrasi mengusung tema yang berbeda di kedua kota tersebut, menyesuaikan kebutuhan target pengunjung di masing-masing kota.

Di Denpasar, Imifest memberikan edukasi tentang kebijakan visa, izin tinggal dan pengawasan warga negara asing (WNA).

Sementara itu, Imifest 2023 Yogyakarta memberikan edukasi tentang Visa Pendidikan bagi pelajar asing serta informasi seputar WHV Australia kepada pelajar dan mahasiswi dari berbagai institusi pendidikan di Yogyakarta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat