androidvodic.com

Kemendikbudristek: Ajang Debat Dorong Siswa Perdalam Ilmu Pengetahuan - News

Laporan Wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemendikbudristek menggelar National Schools Debating Championship (NSDC) 2024.

Lomba debat bahasa Inggris tingkat nasional ini bertujuan untuk menjaring siswa-siswa unggul yang nantinya akan mengikuti World Schools Debating Championship (WSDC) di tingkat internasional.

Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya berkesempatan menjadi tuan rumah ajang NSDC.

Kepala Puspresnas sekaligus Kepala Plt. BPTI, Maria Veronica Irene Herdjiono, menilai ajang ini mendorong para peserta didik memiliki wawasan pengetahuan yang luas untuk menjawab tantangan global.

“Kami berharap semua upaya dan semangat ini dapat membuat adik-adik peserta dapat termotivasi untuk memperdalam ilmu pengetahuan dan mengukir prestasi khususnya di bidang debat," ujar Maria melalui keterangan tertulis, Jumat (21/6/2024).

Kompetisi ini, kata Maria, tidak hanya menjadi ajang untuk berkompetisi, tetapi juga untuk belajar, berbagi pengalaman, dan memperluas jaringan di antara para siswa yang memiliki minat dan bakat dalam dunia debat.

Dirinya berharap peserta memiliki wawasan yang luas tentang permasalahan global dan nasional.

"Semoga melalui ajang ini dapat melahirkan generasi muda yang berkualitas dan mampu bersaing di tingkat dunia," kata Maria.

Tahun ini, NSDC mengangkat tema "Speak of Your Mind, Speak for Indonesia" dan diikuti oleh 36 kontingen provinsi dan 1 tim dari Sekolah Luar Negeri Indonesia.

Tema ini dipilih untuk mendorong para peserta menyuarakan pendapat mereka dan berkontribusi dalam pembahasan isu-isu yang relevan dengan kondisi Indonesia saat ini.

"Kami percaya bahwa melalui kompetisi ini, para peserta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis mereka, yang sangat penting untuk menghadapi tantangan di masa depan," ujar Rektor Unika Atma Jaya, Yuda Turana.

Melalui NSDC, diharapkan para siswa dapat meningkatkan kemampuan komunikasi mereka.

Lalu belajar bekerja sama dalam tim, dan membangun kepercayaan diri.

Selain itu, lomba ini juga diharapkan dapat memupuk rasa persatuan dan kebersamaan di antara peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat