androidvodic.com

Respons BPOM RI terkait Peredaran Kosmetik Mengandung Karsinogen dari China - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News,JAKARTA - Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik, Mohamad Kashuri meminta masyarkat berperan aktif melaporkan kosmetik atau make up yang tidak sesuai aturan.

Hal ini meresponsnya adanya daftar make up atau kosmetik asal China yang disinyalir memiliki kandungan bahan berbahaya karsinogen yang viral di media Tik Tok.

"Tentunya ini adalah bentuk partisipasi publik untuk bisa melaporkan ke kami meskipun kami tidak ada laporan, tapi badan hukum selalu rutin melakukan sampling pengawasan apakah yang dijual secara offline maupun online begitu ada informasi kita telusuri," ujar dia dalam kegiatan Beauty Fest di Jakarta, Jumat (21/6/2024).

Kashuri mengatakan, masyarakat bisa mengetahui ciri produk kosmetik, makanan maupun obat yang aman melalui Cek KLIK yang merupakan singkatan dari Cek Kemasan, Label, Izin Edar, Kadaluarsa, dari obat dan makanan yang akan dikonsumsi.

Karenanya, BPOM berharap masyarakat berani melaporkan kosmetik-kosmetik yang diduga tidak aman.

"Kami telusuri semua dan kami nanti kita informasikan ke masyarakat produksi tersebut memang tidak memiliki ketentuan. Setelah dilakukan uji secara laboratorium," ungkap dia.

Melansir dari BangkaPos Tribun grup, baru-baru ini ramai diperbincangkan deretan make up China yang mengandung Karsinogen. Lantas apa itu karsinogen?

Karsinogen merupakan zat yang berbahaya bagi tubuh karena dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

Topik produk kosmetik mengandung bahan berbahaya itu dibuat di media sosial TikTok oleh akun @ninaazzq, Kamis (13/6/2024).

"Ini adalah makeup cina yang mengandung karsinogenik, jika ada harap buang/jangan membeli. Karena mengandung logam berat yang bersifat karsinogen!!" tulis unggahan.

Baca juga: BPOM Ingatkan Panitia Tak Bagikan Daging Kurban Pakai Kantong Kresek Hitam, Ini Bahayanya

Produk-produk yang tercantum dalam unggahan, antara lain Sw**t M**t, Kobel**n, Cu***vini, Ge** Be**, Ke** Mo**, Herora***, XI**, Dika**, Pi** Co**, Bobe***, K'ape***, Beau** Gla**d, N*v*, dan Maff***.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat