androidvodic.com

3 'Blunder' Kominfo dalam Sepekan Menurut Roy Suryo, Terbaru Ucapan Ultah Jokowi Seperti Kabar Duka - News

News - Pemerhati telematika, KRMT Roy Suryo, menyoroti tiga kesalahan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam kurun waktu sepekan.

Roy Suryo menilai, layaknya permainan sepak bola, Kominfo seperti menelahan kekalahan hattrick 0-3 melalui tiga hal tersebut.

Berikut tiga 'kekalahan' Kominfo dalam sepekan yang disorot Roy Suryo:

1. Respons Lambat Kegaduhan Platform Elaelo

Roy Suryo menyebut awal pekan ini publik diramaikan dengan kabar adanya plaform Elaelo yang bakal menggantikan media sosial X (Twitter).

"Elaelo berhasil mengelabui netizen dan membuat Kemkominfo hanya bisa gela-gelo alias plonga-plongo setidaknya selama tiga hari sejak Senin (17/6/2024) setelah menimbulkan kegaduhan di media maya," ungkap Roy Suryo kepada Tribunnews, Sabtu (22/6/2024).

Lanjut Roy Suryo, hal itu dikarenakan situs Elaelo berani mencantumkan Lambang Negara Garuda Pancasila yang mirip logo lama Kemkominfo, sebelum menjadi keong yang sekarang.

Selain itu ada pula Lagu Nasional Garuda Pancasila, meski akhirnya Kemkominfo menyatakan bahwa Elaelo adalah Hoax, pada Rabu (19/6/24).

Kemkominfo menyatakan bahwa Elaelo adalah Hoax, pada Kamis (20/6/24).
Kemkominfo menyatakan bahwa Elaelo adalah Hoax, pada Kamis (20/6/24). (Twitter/Kemenkominfo)

Menurutnya, respons Kominfo terkait hal itu lambat.

"Meski responsnya sangat lambat, penjelasan resmi Kominfo ini secara obyektif tetap perlu diapresiasi. Mengapa saya sebut sangat lambat, karena seharusnya Kominfo bisa bergerak lebih cepat menangani kontroversi situs Elaelo ini," ungkap eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) itu.

2. Ucapan Ultah Presiden Jokowi Seperti Kabar Duka

Kesalahan kedua menurut Roy Suryo adalah ucapan ulang tahun ke-68 Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pada Jumat (21/6/2024), akun resmi X Kemenkominfo mengunggah desain ucapan ultah Jokowi yang disebut-sebut mirip ucapan duka cita. 

Baca juga: Sempat Dikira Kabar Duka, Desain Ucapan Ultah ke-63 Jokowi dari Kominfo Diganti

"Mungkin ingin menarik perhatian dari yang diucapkannya, namun karena kekonyolan desainernya, maka ucapan selamat ulang tahun ke-63 lebih terkesan seperti ucapan duka cita dan malahan memancing komentar ucapan lucu-lucu dari netizen," ungkapnya.

Akun resmi Kemenkominfo kemudian menghapusnya tanpa sedikitpun membuat klarifikasi.

Hari ini, Kemenkominfo membuat ucapan ultah Jokowi dengan desain terbaru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat