androidvodic.com

Kowani Gelar Hari Kebaya Nasional Pertama 24 Juli di Istora, akan Dihadiri Jokowi & 7.000 Perempuan - News

News, JAKARTA - Kongres Wanita Indonesia (Kowani) akan menggelar Hari Kebaya Nasional Pertama 2024, Rabu (24/7/2024) mendatang di Istora Senayan Jakarta.

Rencananya Hari Kebaya Nasional akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Kegiatan ini akan diikuti oleh 7.000 perempuan Indonesia.

"Melalui Peringatan Hari Kebaya Nasional, para perempuan Indonesia dan generasi penerus bangsa dapat terus bersinergi dalam melestarikan kebaya sebagai salah satu budaya bangsa dengan menetapkan kebaya sebagai salah satu busana Nasional," kata Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo saat audiensi bersama jajaran Kompas di Ruang Borobudur, Menara Kompas, Kamis (20/6/2024).

Baca juga: Peringatan Hari Kebaya Nasional Gaungkan Nilai Historis Perjuangan Perempuan Indonesia

Giwo hadir bersama Prof Dr Masyitoh Chusnan, Ketua Panitia Hari Kebaya Nasional; Heryana Hutabarat, Ketua Tim Kowani Award dan Joice Yasmin Ansory, Ketua Bidang Humas Kowani.

Hari Kebaya Nasional Pertama Tahun 2024 ini juga dimeriahkan beragam kegiatan antara lain Webinar, Talkshow dan Parade Kebaya, Fashion Show Kebaya, Lomba Kebaya, Bazar UMKM, dan Seminar Empat Pilar.

Webinar Aku dan Kebaya telah dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2024, dan Talk Show dan Parade Kebaya telah dilaksanakan tanggal 28 Mei 2024.

Sedangkan kegiatan lainnya akan dilaksanakan dalam waktu dekat hingga acara puncak di Istora Senayan Jakarta tanggal 24 Juli 2024.

7.000 perempuan Indonesia akan menghadiri acara Hari Kebaya Nasional.

Para peserta terdiri dari:

  • 104 Organisasi Anggota KOWANI
  • BKOW di Tingkat Provinsi dan GOW di Tingkat Kabupaten/Kota
  • Komunitas & Designer Kebaya
  • Anggota asosiasi/Lembaga yang bergerak di bidang seni dan kebudayaan
  • Mitra Kowani tingkat Nasional
  • Mitra Kowani dari ASEAN
  • Pelajar Putri/Mahasiswi

Baca juga: 10 Kebaya Simple dan Elegan untuk Rayakan Hari Kartini: Ada Kebaya Kutubaru, Encim, dan Jawa

Acara juga akan dimeriahkan dengan bazar UMKM yang mengusung tema 'Lestarikan Budaya dengan Bangga Berkebaya.'

"Kegiatan ini dapat menggaungkan kembali semangat perjuangan perempuan Indonesia dengan nilai-nilai budaya bangsa sesuai Keputusan Presiden No.19 Tahun 2023, tentang Hari Kebaya Nasional," ujar Giwo.

Peringatan Hari Kebaya Nasional dimaksudkan selain dalam rangka memperkenalkan dan menggaungkan kembali kebaya sebagai bagian dari sejarah perjuangan para perempuan Indonesia, juga menjadikan kebaya sebagai busana wanita yang bisa dipakai dalam berbagai acara.

Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo saat audiensi bersama jajaran Kompas di Ruang Borobudur, Menara Kompas, Kamis (20/6/2024).
Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo saat audiensi bersama jajaran Kompas di Ruang Borobudur, Menara Kompas, Kamis (20/6/2024). (News/Dewi Agustina)

Latar Belakang Hari Kebaya Nasional

Dalam kesempatan audiensi bersama jajaran Kompas, Giwo menjelaskan awal mula ditetapkannya tanggal 24 Juli sebagai Hari Kebaya Nasional oleh Presiden Jokowi, 4 Agustus 2023 lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat