androidvodic.com

Adu Sepak Terjang Anies-Sohibul Iman, Sama-sama Akademisi dan Eks Rektor Universitas Paramadina - News

News - Anies Baswedan dan Sohibul Iman resmi diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai Bakal Calon Gubernur dan Bakal Calon Wakil Gubernur pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2024.

Keputusan ini disampaikan oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu pada saat pembukaan Sekolah Kepemimpinan Partai pada Selasa (25/6/2024).

"Struktur DPW PKS DKI Jakarta sebelumnya telah mengusulkan beberapa nama bakal calon Gubernur DKI Jakarta ke DPP PKS, termasuk di antaranya Bapak Anies Rasyid Baswedan dan Bapak Mohamad Sohibul Iman," tutur Syaikhu, mengutip pks.id.

Baik Anies maupun Sohibul Iman sama-sama memiliki latar belakang sebagai akademisi.

Lantas berikut adu riwayat pendidikan Anies-Sohibul Iman:

Diketahui Anies dan Sohibul Iman merupakan eks rektor di Universitas Paramadina, Jakarta. 

Sebagai seorang akademisi, Anies yang juga merupakan cucu pejuang kemerdekaan Abdurrahman Baswedan ini pernah menginisiasi gerakan Indonesia Mengajar.

Anies juga tercatat menjadi rektor termuda yang pernah dilantik oleh sebuah perguruan tinggi di Indonesia pada tahun 2007 yakni saat menjadi Rektor Universitas Paramadina pada usia 38 tahun, mengutip perpusnas.go.id.

Anies merupakan lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM), dan setelah lulus kuliah, Anies bekerja di Pusat Antar Universitas Studi Ekonomi UGM.

Dirinya pernah mendapat beasiswa Fulbright dari American Indonesian Exchange Foundation (Yayasan Pertukaran Pelajar Indonesia–Amerika) untuk melanjutkan kuliah masternya.

Yakni dalam bidang keamanan internasional dan kebijakan ekonomi di School of Public Affairs, Universitas Maryland pada tahun 1997.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kawasan Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2024).
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kawasan Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2024). (News/Danang Triatmojo)

Ia juga dianugerahi William P Cole III Fellow di universitasnya, dan lulus pada bulan Desember 1998.

Sesaat setelah lulus dari Maryland, Anies kembali mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliahnya dalam bidang ilmu politik di Northern Illinois University pada tahun 1999.

Dia bekerja sebagai asisten peneliti di Office of Research, Evaluation, and Policy Studies di kampusnya, dan meraih beasiswa Gerald S Maryanov Fellow, penghargaan yang hanya diberikan kepada mahasiswa NIU yang berprestasi dalam bidang ilmu politik pada tahun 2004.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat