androidvodic.com

Jokowi Soroti Kurangnya Dokter Spesialis di RSUD Tamiang Layang Kalimantan Tengah - News

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tamiang Layang di Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah (Kalteng), Kamis (27/6/2024).

Presiden Jokowi mengecek kesiapan rumah sakit dalam menerima dan mengoperasikan peralatan medis canggih yang akan didistribusikan pemerintah.

"Ya ini kita kan mau mendistribusikan alkes-alkes yang modern baik itu cath lab, mammogram, CT scan, MRI semuanya kan kita harus melihat kesiapan-kesiapan rumah sakit, baik ruangannya, bangunannya, semuanya kan ingin kita lihat secara sampling," ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan penting mengecek kesiapan sumber daya manusia (SDM) di rumah sakit yang menjadi penerima alat kesehatan tersebut.

Baca juga: Istana Minta Maaf Atas Terhambatnya Ambulans Karena Iring-iringan Jokowi di Kalimantan Tengah

"Kalau alatnya dikirim, SDM-nya ada apa tidak? Ada yang siap, ada yang belum siap. Ada yang sudah cukup, masih banyak lagi yang belum cukup. Itulah yang akan dikejar oleh Pak Menteri Kesehatan," kata Presiden.

Menurut Presiden Jokowi, RSUD Tamiang Layang memiliki 13 dokter spesialis, namun masih kekurangan tenaga spesialis di beberapa bidang kritikal seperti jantung, syaraf, dan onkologi.

Baca juga: Ambulans Disetop karena Rombongan Jokowi Lewat, Bagaimana Aturan Kendaraan Prioritas?

"Memang yang banyak, yang enggak ada itu spesial jantung, syaraf, sama untuk yang kanker. Di mana-mana sama. Oleh sebab itu, harus dikejar sebanyak-banyaknya dokter spesialis yang tadi saya sampaikan," kata Jokowi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat