androidvodic.com

Ketua Umum DPP Apkasindo Ungkap Pentingnya Kelembagaan dan Kemitraan Kelapa Sawit - News

Laporan Wartawan News Eko Sutriyanto 

News, JAKARTA - Ketua Umum DPP Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia, Gulat Manurung menyampaikan pentingnya kelembagaan dan kemitraan kelapa sawit.

Pasalnya, kelembagaan dan kemitraan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dan kalau tidak ada kelembagaan maka tidak akan ada itu namanya kemitraan.

"Kelembagaan dan kemitraan tidak bermitra kepada orang, namun pada sebuah lembaga," katanya saat Workshop Penguatan Kelembagaan dan Kemitraan Kelapa Sawit di Jayapura, Kamis (27/6/2024).

Hadir sebagai narasumber Ketua Tim Pemasaran Domestik Ditjenbun Elvyrisma Nainggolan, BPDPKS Dwimas Nusantara, Dinas Perkebunan dan Peternakan Papua Yakub Suprapto, Dinas Koperasi dan UKM Papua Drs. Soleman Kogoya, M.Si, PT. Tandan Sawita Papua Agus Tando

Gulat Manurung menilai melalui kelembagaanlah program diajukan dan ditanggapi oleh badan sawit Indonesia dan setiap stakeholder harus bekerja sama untuk memperkuat kelembagaan guna mencapai kemitraan.

"Maka akan datanglah namanya pabrik replanting dan segala macam. Jadi kita perkuat dulu kelembagaannya untuk mencapai kemitraan, kemitraan itu adalah kerja sama.

Kerja sama itu bukan kepada perorangan, tetapi kepada koperasi atau asosiasi petani," ujarnya.

Lebih lanjut, Gulat menyebutkan bahwa kehadiran kelapa sawit di tanah Papua begitu penting sebagai penopang ekonomi rakyat.

Hal itu terjadi juga karena berbagai terobosan yang dilakukan oleh APKASINDO Papua dalam menyinergikan berbagai pihak.

Gulat ingin mengajak peserta yang hadir untuk ikut berperan terhadap kemajuan kelapa sawit.

Ia ingin para petani sawit memiliki visi dan target yang realistis ke depannya.

"(Kalian) harus punya pandangan ke depan, apa yang mau disiapkan. Contohnya, di Kabupaten Keerom mau replanting. Kami ajukan 1.000 hektare, tolong Bapak Pdt. Albert Yoku dan pemerintah, ayo bantu.

Kita gotong-royong selesaikan. Saya jamin selesai , tapi kalau tidak ada usulan dari bawah bagaimana saya mencari kalian para petani ini, mereka harus buat proposal yang realistis," terangnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat