androidvodic.com

Lewat Realisasi APBN, Pemerintah Berkomitmen Jadikan UMKM Sebagai Tuan Rumah di Negeri Sendiri - News

News, JAKARTA - Pemerintah terus berkomitmen untuk menjadikan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai tuan rumah di negeri sendiri.

Staf Ahli Kementerian Perindustrian bidang Peningkatan Kemampuan Industri Dalam Negeri, Ignatius Warsito mengatakan, satu diantara caranya dengan memberikan keistimewaan terhadap UMKM dalam realisasi APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

"Sesuai dengan arahan Presiden, UMKM dalam konteks TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) diberikan privilege untuk masuk lebih dalam pada realisasi APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara). Beberapa kali business matching yang dilakukan untuk mendorong keterlibatan UMKM ini sangat menggembirakan terutama di level Kabupaten Kota dan Provinsi," kata dia dalam keterangannya Senin (1/7/2024).

“Kami di Kementerian Perindustrian siap mendukung untuk mewujudkan UMKM kita sebagai tuan rumah di negeri sendiri,” imbuhnya. 

Hal itu disampaikannya dalam acara Bina Mitra UMKM Award 2024, yang diselenggarakan oleh Corporate Forum for CSR Development (CFCD), di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Bina Mitra UMKM Award 2024 diberikan kepada Perusahaan/Lembaga/Organisasi yang telah berkontribusi dan ikut berperan dalam mendukung pengembangan UMKM di Indonesia, agar dapat berkontribusi lebih besar dalam perekonomian dan penciptaan lapangan kerja yang lebih luas serta memperkuat struktur perekonomian nasional. 

Penghargaan juga diberikan kepada UMKM Binaan Perusahaan atau Lembaga maupun Organisasi yang telah “Naik Kelas,” dan Pendamping UMKM

Sementara itu, Ketua Umum, CFCD, Thendri Supriatno menyampaikan bahwa peran UMKM harus ditingkatkan, baik di tingkat perdagangan nasional, maupun perdagangan global. 

“Kegiatan ini merupakan rangkaian upaya dalam rangka meningkatkan peran penting UMKM dalam perdagangan nasional dan global serta memperkuat ekosistem rantai pasok yang tangguh dan kompetitif,” tandasnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat