androidvodic.com

Diadukan ke Propam Polri soal Kematian Afif, Kapolda Sumbar: Silakan, Saya Bukan Pelaku Kejahatan - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Suharyono merespons soal aduan terhadap dirinya ke Propam Polri buntut kasus kematian Afif Maulana (13), siswa SMP yang tewas diduga dianiaya polisi di Padang, Sumbar.

Irjen Suharyono mengaku tidak mempermasalahkan jika adanya aduan ke Propam Polri soal dugaan pelanggaran kode etik dalam penyelidikan kasus tersebut.

"Silakan saja. Saya bukan pelaku kejahatan kok. Saya pembela kebenaran," kata Suharyono saat dikonfirmasi, Rabu (3/7/2024).

Namun, Suharyono tidak menerima karena tindakan dari LBH Padang yang seakan-akan menjelekkan institusi Polri. Dia menuding LBH telah mengatur skenario seolah-olah benar adanya.

"Kalau institusi kami diinjak-injak dan di pojokkan, ya siapa yang tidak marah? LBH sok suci. Dia mengatur skenario dan alibi sedemikian rupa. seolah-olah prediksinya yang paling benar," ungkapnya.

Dari fakta yang ada, Suharyono memastikan jika Afif Maulana tewas karena melompat dari Jembatan Kuranji.

"Kami bertanggung jawabkan, bahwa kami yakini, berdasarkan kesaksian dan barang bukti yang kuat Afif Maulana, melompat ke sungai untuk mengamankan diri, sebagaimana ajakannya ke Adhitya. Bukan dianiaya polisi. Itu keyakinan kami," tegasnya.

Selain itu, Suharyono membantah pernyataan keluarga yang menyebut Afif merupakan anak baik-baik. Menurutnya, mana mungkin ada anak baik yang hendak ikut tawuran.

"(Keluarga bilang) AM anak baik-baik, buktinya dia yang mengajak tawuran dengan videonya yang diunggah di hp-nya, membawa pedang panjang di tangannya (8 Juni 2024)," ungkap Suharyono.

"Kalau anak keluar rumah jam 2, jam 3 dini hari mau tawuran (ya pastinya anak yang kurang baik). Untuk kematian sudah kami jelaskan (AM tidak ada dibawa ke Polsek Kuranji, ditangkap pun tidak)," tambahnya.

Hal ini pun diperkuat dengan proses visum dan otopsi yang dilakukan sesuai prosedur oleh RS Bukittinggi.

"Percakapan AM dengan saksi kunci jelas, bahwa AM mengajak meloncat untuk melarikan diri," pungkasnya.

Diadukan ke Propam Polri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat