androidvodic.com

Kronologi Lengkap Pesawat Garuda Putar Balik seusai Antar Jemaah Haji ke Solo, Alami Masalah Teknis - News

News - Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 6239 terpaksa putar balik ke Bandara Adi Soemarmo Solo seusai mengantarkan pulang jemaah haji.

Pesawat dengan tujuan Solo-Jeddah itu mengalami masalah teknis dan return to base (RTB) atau kembali mendarat ke Bandara Adi Soemarmo pada Selasa (2/7/2024) sekira pukul 21.06 WIB.

Manajemen Garuda Indonesia telah memberikan klarifikasi terkait insiden tersebut.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra dalam keterangan tertulisnya mengatakan, terdapat masalah tekni pada satu di antara mesin pesawat.

Alhasil, harus dilakukan tindak lanjut prosedur perawatan armada.

"Pesawat tersebut sedianya dipersiapkan untuk melayani penerbangan dari Jeddah pada fase pemulangan jemaah haji Indonesia menuju Tanah Air," kata Irfan, dikutip dari Wartakotalive.com, Rabu (3/7/2024).

"Adapun penyebab RTB (Return to Base) tersebut dikarenakan adanya masalah teknis pada salah satu engine pesawat sehingga diharuskan dilakukan pengecekan kembali dan tindak lanjut prosedur perawatan armada."

Sebelum terbang menuju Jeddah, pesawat tersebut telah menjalani prosedur inspeksi pesawat rutin oleh pihak lessor maupun tim terkait.

Namun setelah pesawat lepas landas, Pilot in Command (PIC) menemukan adanya indikator cockpit yang menunjukkan kondisi satu di antara mesin pesawat memerlukan pengecekan lebih lanjut.

"Sehingga PIC selanjutnya secara cepat memutuskan untuk melakukan prosedur RTB ke Solo," jelasnya.

Saat kejadian, pesawat Garuda itu dalam kondisi kosong setelah mengantar kepulangan jemaah haji Debarkasi Solo kloter 34 dari Kabupaten Pekalongan dan Kota Tegal.

Baca juga: Turbulensi, Penumpang Air Europa Sampai Terselip di Kabin Pesawat saat Penerbangan Madrid-Montevideo

Terdapat 14 awak pesawat yang terdiri dari 3 cockpit crew dan 11 awak kabin saat pesawat mengalami masalah mesin.

Semua kru pesawat telah dipastikan selamat.

"Kondisi pesawat kosong, tanpa jemaah, karena akan kembali ke Jeddah," ungkapnya, dikutip dari Kompas.com, Rabu.

Siapkan Pesawat Pengganti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat