androidvodic.com

Latihan Gabungan Bersama Militer Super Garuda Shield 2024 Dijadwalkan Agustus di 3 Lokasi - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Latihan Gabungan Bersama militer Super Garuda Shield 2024 dijadwalkan akan digelar pada bulan Agustus sampai September.

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Nugraha Gumilar mengatakan rencananya latihan berskala internasional tersebut bakal digelar di tiga lokasi.

Ketiga lokasi tersebut yakni Situbondo Jawa Timur, Karawang Jawa Barat, dan Baturaja Sumatera Selatan.

Materi yang akan dilatihkan di antaranya operasi pendaratan amfibi, penerjunan pasukan, dan penembakan artileri.

Hal tersebut disampaikan usai coffee morning dengan media massa di Mabes TNI Cilangkap Jakarta pada Rabu (3/7/2024).

"Pelaksanaan (Super) Garuda Shield akan diadakan mulai 26 Agustus sampai 5 September. Itu pelaksanaan (Super) Garuda Shield akan dilaksanakan (latihan operasi) pendaratan di Situbondo, kemudian penerjunan di Karawang, dan penembakan artileri di Baturaja," kata Gumilar.

"Mungkin penerjunannya di Baturaja. Ini masih dalam konsep. Masih tahap perencanaan. Nanti akan kita sampaikan di mana fix-nya latihan (Super) Garuda Shield," sambung dia.

Safari Panglima TNI

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari rilis resmi Puspen TNI, dalam beberapa kunjungannya ke pejabat militer di luar negeri Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto juga kerap membahas rencana penyelenggaraan Super Garuda Shield tahun 2024.

Terkini, Agus mengunjungi Markas Angkatan Bersenjata Perancis untuk memenuhi undangan Panglima Angkatan Bersenjata Prancis General Thierry Burkhard pada Rabu (19/6/2024).

Dalam kesempatan itu, Agus mengucapkan terima kasih kepada Panglima Angkatan Bersenjata Prancis atas partisipasinya dalam Latgabma Super Garuda Shield 2023 dan kegiatan the 4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023.

Selain itu, Agus juga berharap Angkatan Bersenjata Perancis untuk kembali berpartisipasi dalam Latgabma Super Garuda Shield 2024 dan kegiatan the 4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2025 di Bali.

Sebelumnya, Agus juga sempat membahas Super Garuda Shield dengan Commanding General United States Army Pacific Jenderal Samuel J. Paparo di Kantor Subden Merdeka Barat, Mabes TNI, Jakarta pada Kamis (13/6/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat