androidvodic.com

Paus Fransiskus akan Temui Pemuka Agama Indonesia di Masjid Istiqlal - News

Laporan Wartawan News,  Fersianus Waku

News, JAKARTA - Pemimpin umat Katolik dunia, Paus Fransiskus diagendakan menggelar pertemuan dengan tokoh lintas agama di Masjid Istiqlal dalam kunjungannya ke Indonesia pada September 2024.

Juru Bicara Panitia Kunjungan Paus Fransiskus, Romo Thomas Ulun Ismoyo, Pr mengatakan, pertemuan itu bagian dari rangkaian kunjungan Paus ke Indonesia.

"Jadi, dari Katedral nyeberang ke Masjid Istiqlal, berjumpa dengan para tokoh lintas agama," kata Thomas saat sesi wawancara khusus dengan Direktur Pemberitaan Tribun Network, Febby Mahendra Putra di Wisma Keuskupan Agung Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2024).

Thomas menyebut, pertemuan itu akan digelar di sekitar Masjid Istiqlal mengingat kondisi kesehatan Paus Fransiskus yang menggunakan kursi roda.

Dia menjelaskan, pertemuan tersebut dalam konteks persaudaraan meskipun berbeda tradisi, sejarah, kitab suci, namun memiliki kesamaan. 

"Kita sama-sama manusia dan kita sama-sama ingin memperjuangkan kemanusiaan yang semakin baik, memperjuangkan dunia yang semakin baik dan itu mimpi semua orang dari semua aneka agama," ujar Thomas.

Baca juga: Kemenag Buka Seleksi Imam Masjid ke Uni Emirat Arab, Simak Syarat dan Dokumen yang Disiapkan

Thomas mengungkapkan, mereka akan membahas soal kemungkinan kolaborasi untuk membuat dunia yang lebih baik.

"Karena para pemimpin agama ya, apalagi di Indonesia kan punya peran yang strategis untuk menggerakkan umat, untuk menggerakkan massa, untuk menanamkan ajaran, memberikan semangat, membuat dunia yang lebih baik lagi," ucapnya.

Adapun, Paus Fransiskus rencananya akan mengunjungi Indonesia pada 3 hingga 6 September 2024.

Dalam kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia nanti juga dijadwalkan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selain itu, dia dijadwalkan akan menggelar pertemuan dengan tokoh lintas agama di Masjid Istiqlal Jakarta, serta beberapa kunjungan lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat