androidvodic.com

Pernyataan Sikap Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia Terkait Polusi Udara di Indonesia - News

News - Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPI) mengeluarkan pernyataan sikap mengenai polusi udara di Indonesia.

Berikut isi pernyataan yang diterima News, Kamis (4/7/2024):

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam.

Potensi ini dapat menjadi pendorong untuk mencapai status negara maju dan menghindari jebakan pendapatan menengah (middle-income trap).

Untuk mencapai hal tersebut, upaya hilirisasi industri dan dukungan pemerintah sangatlah penting.

Namun, Indonesia masih menghadapi tantangan besar terkait ketergantungan pada energi batu bara yang menyebabkan peningkatan signifikan dalam emisi gas polutan seperti karbon dioksida, metana, nitrogen oksida, dan uap air.

Pembakaran batu bara juga menghasilkan partikel-partikel berbahaya seperti particulate matter, sulfur dioxide , nitrogen oxides (NOx), polycyclic aromatic hydrocarbons, dan senyawa lain yang berdampak toksik pada kesehatan manusia dan kerusakan lingkungan.

Selain masalah yang disebabkan oleh pembakaran batu bara, emisi kendaraan bermotor dan perilaku masyarakat yang kurang peduli terhadap lingkungan juga menjadi salah satu penyumbang utama polusi udara di Indonesia.

Bahkan menurut data Air Quality Index (AQI), pada kuartal ketiga 2023, Jakarta menempati posisi pertama sebagai kota dengan udara terkotor di dunia.

Oleh karena itu, diperlukan kebijakan tepat untuk memperbaiki kualitas udara agar senantiasa aman bagi masyarakat Indonesia.

Beberapa negara maju telah menempuh langkah-langkah serius untuk menciptakan lingkungan yang bersih, antara lain: penggunaan energi terbarukan yang ramah lingkungan seperti energi air, angin, surya, dan panas bumi dalam industri, mengadopsi strategi produksi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan termasuk praktik ekstraksi dan daur ulang bahan baku metal, melakukan reklamasi tambang untuk memulihkan lahan yang terganggu oleh aktivitas penambangan, membuat undang-undang ketat mengenai tata kelola sampah dan perdagangan emisi untuk mengurangi dampak lingkungan.

Pemerintah Indonesia sendiri, pada September 2023 telah meluncurkan Bursa Karbon Indonesia di Indonesia Stock Exchange (IDX) atau IDXCarbon sebagai salah satu langkah untuk mengurangi emisi karbon.

Upaya mengatasi polusi udara di Indonesia bukanlah tanggung jawab pemerintah Indonesia saja, melainkan juga melibatkan peran aktif dari masyarakat, industri, universitas, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya.

Oleh karena itu, PPI Dunia sebagai organisasi kemahasiswaan yang peduli terhadap lingkungan mendukung langkah-langkah untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi Indonesia dan dunia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat