androidvodic.com

Kowani Dorong Kaum Perempuan Ambil Peran Tingkatkan Harmonisasi dan Kerukunan dalam Keluarga - News

News, JAKARTA - Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto mengingatkan peran perempuan sebagai agen Perubahan dalam meneguhkan persatuan nasional.

Hal itu diungkapkan Giwo saat menjadi narasumber dalam acara Capacity Building yang diselenggarakan oleh Bidang Organisasi dan Keanggotaan, Pendidikan dan Kadersisasi, dan politik, Kajian Strategis DPP Himpunan Wanita Karya di Kantor Sekretariat Himpunan Wanita Karya (HWK), Rabu (6/7/2024).

Giwo menyampaikan bahwa perjuangan dan kontribusi perempuan Indonesia sudah diawali sejak sebelum kemerdekaan.

“Hal ini termuat dalam Keputusan Presiden no. 19 Tahun 2023 mengenai Hari Kebaya Nasional yang menerangkan Presiden pertama RI, Ir. Soekarno menyampaikan bahwa Revolusi Indonesia tidak dapat berjalan tanpa adanya keterlibatan perempuan,” kata Giwo.

Menurutnya, dengan latar belakang yang berbeda-beda, perempuan harus bersatu dan saling mendukung satu sama lain, jangan mudah dipecah belah, baik oleh individu, kelompok, maupun kaum pria.

“Perempuan harus bisa menjadi agen perdamaian, kesatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan,” ujarnya.

Giwo menjelaskan, peran perempuan sebagai agen perubahan, mencakup di segala bidang dan aspek kehidupan.

Di antaranya, perubahan edukasi dan teknologi, persatuan dan kesatuan, pemberdayaan ekonomi, kesehatan, digitalisasi dan kelestarian lingkungan hidup.

“Sebagai pendidik utama dan pertama dalam lini terkecil, yakni keluarga, perempuan memegang peran sentral dalam menciptakan, membangun dan meningkatkan harmonisasi dan kerukunan,” tandas Giwo.

Selain Giwo, acara tersebut juga diisi oleh Peneliti Utama BRIN, Prof. Dr. Siti Zuhro. Para kader HKW mengikuti acara ini secara online dan online.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat