androidvodic.com

Ikatan Alumni UII Gelar Nobar Film Alkostar, Mahfud MD Bicarakan Konsep Sukma Hukum - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII) menggelar acara nonton bareng (nobar) film dokumenter biografi mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar berjudul Alkostar: Insan Kesepian di Tengah Keramaian

Acara ini digelar di Gedung Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (5/7/2024).

Mantan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) periode 2019-2024, Mahfud MD, saat memberikan sambutan mengatakan satu hal yang paling diingat dia dari Artidjo adalah konsep sukma hukum.

Mahfud, menjelaskan sukma hukum merupakan inti sebenarnya dari hukum. Jika hukum hanya sebatas menguasai pasal-pasal, itu merupakan hal mudah. 

Namun, menegakkan hukum dengan mengedepankan moral dan etika itulah yang saat ini masih sulit direalisasikan.

"Saya kira saat ini harus kita gaungkan konsep sukma hukum yang telah dilakukan almarhum bapak Artidjo Alkostar," kata Mahfud.

Sementara itu Sekretaris Jenderal (Sekjen) IKA UII, Ari Yusuf Amir, mengatakan almarhum Artidjo Alkostar merupakan alumni UII yang tetap menjaga integritasnya.

“Artidjo Alkostar adalah tokoh penting, bukan hanya bagi UII, tetapi bagi dunia penegakan hukum di Indonesia. Sepak terjangnya dalam berbagai profesi, baik sebagi dosen, pengacara maupun hakim agung adalah inspirasi yang tidak pernah kering,” kata Ari.

Dalam menangani perkara, Ari menjelaskan Artidjo memegang prinsip, Kalau hakim hanya memutuskan perkara dengan berdasarkan yang tertera dalam UU (undang-undang), dia akan terjebak dalam peti kemas yang kosong. 

Hukum tanpa rasa keadilan seperti peti kemas yang kosong. 

“Seharusnya hakim mengkaji yang bersifat meta juridis. Artinya,nilai-nilai di balik aturan perundang-undangan. Prinsip ini kukuh dipegang Artidjo,” ujar pengacara senior itu.

Baca juga: Eks Pimpinan KPK: Artidjo Alkostar Nyata Berpihak pada Antikorupsi dan HAM

Ari menjelaskan, sebagaimana hukum perubahan, teladan Artidjo dalam memberikan vonis berat dan setimpal bagi koruptor ternyata menular kepada banyak hakim yang berani bersikap ala Artidjo. 

Hal ini terlihat dari  tren putusan hakim pada kasus-kasus korupsi yang mengalami eskalasi dari sisi beratnya hukuman. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat