androidvodic.com

Kaukus Kelautan DPR: OceanX Mampu Bantu Pemerintah Indonesia Lakukan Mitigasi Bencana  - News

News, JAKARTA - Anggota Kaukus Kelautan DPR RI melakukan kunjungan ke kapal penelitian OceanXplorer di Pelabuhan Tanjung Priok

Kapal OceanXplorer, milik organisasi nirlaba OceanX dari Amerika Serikat, dikenal sebagai kapal eksplorasi, penelitian ilmiah, dan produksi media tercanggih di dunia. 

Co-chair Kaukus Kelautan, Anggota Komisi I DPR RI Bobby Rizaldi mengatakan, menyambut baik tur OceanX ini yang akan merampungkan enam tahap misi perjalanan dari Pulau Sambu Banda Aceh sampai Labuan Bajo-Bitung.

"OceanX mampu membantu pemerintah Indonesia melakukan mitigasi bencana seperti pemasangan sensor tsunami dan penelitian mengenai temuan megathrust yang setelah tsunami Aceh 2004, pengetahuan laut Indonesia berkembang pesat," kata Bobby dalam keterangannya, Kamis (11/7/2024).

"Kami harap pemerintah ke depan mampu mewujudkan rencananya untuk membeli dua kapal seperti OceanX ini dengan anggaran 89 juta Euro melalui skema pinjaman luar negeri yang dikomandani BRIN," imbuh Bobby.

OceanXplorer saat ini sedang bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok setelah menyelesaikan tahap ketiga misi eksplorasi laut Indonesia dengan rute perairan Padang - Jakarta. 

Kesempatan ini dimanfaatkan oleh OceanX untuk mengundang media dan anggota DPR untuk mengenal lebih dekat kecanggihan kapal ini.

OceanXplorer adalah kapal yang dirancang untuk misi penelitian multidisiplin yang dapat menembus batas-batas eksplorasi. Kapal ini memiliki panjang 87 meter dan mampu menampung hingga 72 orang termasuk kru, ilmuwan, dan tim media. 

Kapal ini dilengkapi dengan dua helikopter, empat submersible, tiga ROV (Remotely Operated Vehicle), serta laboratorium riset dan sains canggih.

Sementara, Vincent Pieribone, Co-CEO dan Chief Science Officer OceanX menjelaskan, bahwa kapal ini awalnya digunakan untuk survei minyak dan petrokimia sebelum direnovasi sepenuhnya untuk eksplorasi laut. 

"OceanXplorer memainkan peran penting dalam mendukung misi OceanX untuk menjelajahi lautan dan membagikan hasil risetnya melalui penelitian ilmiah, produksi media, inovasi teknologi, dan upaya pendidikan," ujarnya.

Selain itu, Prof. Rokhmin Dahuri Pakar Kelautan mengatakan, Kapal Penelitian (Research Vessel) OceanX ini merupakan yang paling canggih dalam hal kemampuannya bagi para peneliti kelautan untuk meneliti sebagian besar variables (faktor) kelautan fisika, kimia, biologi, geologi, dan lainnya.

OceanXplorer saat ini terlibat dalam Misi Indonesia 2024, yang melibatkan 39 peneliti nasional menggunakan fasilitas riset kapal.

Misi ini merupakan kolaborasi lintas instansi yang melibatkan berbagai kementerian dan lembaga penelitian, termasuk BRIN, Kemenko Marves, Kemendikbudristek, Pushidrosal, Kemenhub, Kemenhan, KKP, BMKG, serta universitas dan organisasi seperti Konservasi Indonesia.

Dengan dukungan dari OceanX, Indonesia berharap dapat meningkatkan penelitian kelautan dan melindungi ekosistem lautnya untuk kepentingan global.

Baca juga: Kemenko Marves dan TNI AL Jajaki Kerja Sama Datangkan Kapal Survei OceanX

Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru tentang kekayaan dan tantangan yang dihadapi laut Indonesia, serta mendukung upaya pemerintah dalam melestarikan sumber daya alam laut yang berharga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat