androidvodic.com

Perkuat Ekosistem Inovasi Desa, Kemendes PDTT Gelar Teknologi Tepat Guna 2024 - News

News, LOMBOK - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi terus memperkuat ekosistem inovasi desa. 

Salah satunya dengan menggelar pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) Nusantara 2024 yang akan diselenggarakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat, dari tanggal 14-17 Juli 2024.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar dijadwalkan akan membuka acara puncak Teknologi Tepat Guna (TTG) Nusantara 2024 pada Senin (15/7/2024).

Saat itu akan diserahkan anugerah teknologi tepat guna unggulan dan inovatif, anugerah kepada pembina dan pendukung teknologi tepat guna, desa-desa pemenang Lomba SDGs Desa, juga kepala daerah yang berhasil membawa desa-desa menjadi berstatus berkembang, maju, dan mandiri.

“Tahun ini kategori lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna diikuti peserta dari 20 provinsi. Kategori Teknologi Tepat Guna Unggulan diisi peserta dari 17 provinsi. Adapun kategori Pos Pelayanan Teknologi diikuti 14 provinsi, Informasi lebih lanjut dapat diakses di situs resmi acara, https://www.gttgnxxv.com” ujar Kepala Badan Pengembangan dan Informasi (BPI) Kemendes PDTT, Ivanovich Agusta, Minggu (14/7/2024).

Ivanovich mengatakan lomba dan pameran TTG merupakan ajang tahunan untuk menguatkan ekosistem inovasi desa. Dalam lomba TTG 2024, Kemendes PDTT sengaja menciptakan sistem kompetisi untuk memicu inovasi teknologi lebih lanjut.

“Ajang  TTG tahun ini menjadi platform untuk menguatkan ekosistem inovasi desa. Lomba TTG Nusantara akan menciptakan rivalitas positif, yang memicu inovasi teknologi lebih lanjut,” katanya.

Dia menerangkan dalam puncak TTG 2024 juga digelar  2nd International Conference on Sustainable Rural Development (ICSRD).

Acara ini akan menampilkan tiga paper terbaik dan dihadiri oleh akademisi internasional seperti Prof. Henny Osbahr dari University of Reading, Inggris, Dr. Elif Baykal dari Istanbul Medipol University, Turki, serta Hurain Jannat, PhD, dari Center on Integrated Rural Development.

“Para kepala desa pemenang Lomba SDGs Desa juga akan berbagi pengalaman mereka dalam acara ini,” katanya.

Ivan mengatakan sinergitas kebijakan pemerintah pusat dan daerah juga menjadi isu penting. Dalam forum TTG akan diadakan diskusi isu tersebut dengan menghadirkan Kemenkeu, Kemendagri dan Kemendes PDTT.

“Kementerian Dalam Negeri akan membahas revisi Undang-Undang Desa, sementara Kementerian Keuangan akan menjelaskan proses transfer tambahan dana desa tahun 2024,” urainya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Nusa Tenggara Barat, Aulia Ahmad Nur Aulia, menambahkan, sebagai tuan rumah, Pemda NTB telah menyiapkan rangkaian acara Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara ke 25. 

Pra acara dimulai dengan jalan sehat pada hari Minggu  (14/7/2024) pagi, sedangkan pada malam hari diselenggarakan jamuan Gala Dinner.

“Rangkaian acara TTG kami susun sedemikian rupa sehingga ada gabungan kegiatan outdoor maupun indoor,” katanya.

Aulia menambahkan rangkaian acara Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara ke-25 akan ditutup pada Rabu, 17 Juli.

Baca juga: Teknologi Tepat Guna Bebaskan Ketergantungan Warga dari Pengepul Pakan Ternak

Dalam acara tersebut akan disampaikan pengumuman juara umum dan lokasi pergelaran tahun 2025.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat