androidvodic.com

KSAD Siapkan Arhanud, Armed hingga Kavaleri Amankan Upacara HUT RI di IKN Tahun Ini - News

News, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menyatakan telah menyiapkan Batalyon Artileri untuk mendukung pengamanan acara Peringatan HUT RI di Ibu Kota Negara Nusantara Kalimantan pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Maruli mengatakan untuk itu pihaknya telah menyiapkan batalyon artileri pertahanan udara (arhanud), artileri medan (armed), dan kavaleri.

Hal itu disampaikannya usai menghadiri tradisi penerimaan Perwira Remaja TNI AD Abituren Akmil TA 2024 di Markas Besar TNI AD Jakarta Pusat pada Selasa (16/7/2024).

"Kita sudah siapkan sebatas bagaimana pengamanan karena ini berbatasan ada dekat dengan perbatasan ke arah utara, kami sudah siapkan artileri, arhanud, armed untuk pertahanan, kavaleri-nya, bagaimana untuk pengamanan nya," kata Maruli Simanjuntak

Ia mengatakan dalam rencana pengamanan, pasukannya berada di ring dua.

Untuk itu, Maruli mengatakan telah bekerja sama dengan TNI AL dan TNI AU untuk mengamankan acara tersebut.

Selain itu, mengatakan juga telah menyiapkan beberapa ribu pasukan dalam rangka peringatan HUT RI di IKN tersebut.

"Nggak terlalu banyak lah. Beberapa ribu saja. Kita ribuan nggak banyak nih karena tentara ada berapa ratus ribu. Kalau hanya perlu 5 ribu - 6 ribu itu gampang lah," kata Maruli.

Baca juga: Foto-foto Lapangan Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Para Pejabat Jokowi Saling Kebut Pekerjaan

Diberitakan sebelumnya, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subianto menegaskan jajarannya turut terlibat dalam upacara peringatan HUT Republik Indonesia ke-79 pada Sabtu 17 Agustus 2024 mendatang.

Ia menyatakan rencananya TNI akan terlibat di dua lokasi yakni di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur dan di Istana Negara Jakarta.

Hal itu disampaikannya saat ditemui awak media usai rapat bersama Komisi I DPR RI, di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Rabu (10/7/2024).

"Persiapan 17 Agustus, keterlibatan kita, di dua tempat di IKN dengan di Istana Negara, kemungkinan nanti di IKN bapak Presiden, di Istana Negara bapak Wapres," kata Agus.

TNI, kata Agus, dalam keterlibatannya nanti tidak hanya menjaga situasi keamanan di sekitaran lokasi upacara.

Baca juga: BPIP Siapkan Hunian untuk Paskibraka yang Bertugas pada Upacara HUT RI di IKN

Agus mengatakan para prajurit juga akan melakukan atraksi udara sebagaimana yang kerap dilakukan prajurit TNI di saat upacara peringatan HUT RI tiap tahunnya.

"Kita ada show dari udara, LPD juga kami siapkan dan sebagainya," kata Agus.

Rencananya upacara peringatan HUT RI Ke-79 akan dipimpin Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di IKN dan Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin di Istana Negara, Jakarta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat