androidvodic.com

Exco PSSI Ahmad Riyadh Sempat Bahas Perkara dengan Hakim Agung Gazalba Saleh di Hotel - News

Laporan Wartawan News, Ashri Fadilla

News, JAKARTA - Sidang kasus dugaan korupsi penanganan perkara di Mahkamah Agung (MA) dengan terdakwa hakim agung nonaktif Gazalba Saleh mengungkapkan fakta adanya pertemuan dengan pihak berperkara.

Rupanya, Gazalba Saleh selaku hakim agung sempat bertemu dengan anggota Exco PSSI, Ahmad Riyadh yang menjadi kuasa hukum alias pengacara dari pihak pemohon kasasi di MA, Jawahirul Fuad.

Pertemuan itu dilakukan di Hotel Sheraton, Surabaya, Jawa Timur.

Hal itu terungkap saat jaksa penuntut umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghadirkan Ahmad Riyadh  sebagai saksi dalam sidang  kasus dugaan penerimaan gratifikasi Rp650 juta dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) Rp42 miliar di MA, dengan terdakwa hakim agung nonaktif Gazalba Saleh di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Riyadh awalnya mengaku lupa dengan tanggal pertemuan dirinya dengan Gazalba Saleh.

"Ada pertemuan itu di Sheraton itu. Boleh tahu tanggal berapa pak di Sheraton itu?" kata Riyadh.

"Lho, saudara yang mengalami kok," kata jaksa.

Baca juga: Reaksi Petinggi PDIP usai Kadernya Wali Kota Semarang Tersangka hingga Kantor Digeledah KPK

Namun, jaksa kemudian membacakan berita acara pemeriksaan (BAP) yang mengungkapkan bahwa pertemuan itu terjadi pada Juli 2022 di Hotel Sheraton, Surabaya.

Mereka bertemu dalam acara pernikahan anak mantan Hakim Agung, Abdul Latif.

Menurut BAP yang dibacakan jaksa, Riyadh menjadi pihak menginisiasi pertemuan dengan Gazalba Saleh.

"Pada saat itu saya menghubungi saudara Gazalba Saleh menanyakan kapan ke Surabaya, yang dijawab saudara Gazalba saleh akan ke Surabaya karena ada acara pesta pernikahan Prof Abdul Latif, mantan Hakim Agung ad hoc Tipikor," kata jaksa, membacakan BAP Riyadh.

Dalam pertemuan itu, Riyadh mengaku membahas perkara Jawahirul Fuad yang mana dia mengajukan kasasi atas hukuman satu tahun penjara.

"Ya sepintas saya ada cerita seperti ini, 'Tapi pimpinan perusahaannya bukan orang yang bersalah ini, enggak ikut apa-apa tapi dia yang dihukum,'" ujar Riyadh, menceritakan pertemuannya dengan Gazalba Saleh di Sheraton Surabaya.

Baca juga: Asisten Ungkap Hakim Agung Gazalba Saleh Awalnya Lurus, Lama-lama Mulai Agak Aneh

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat