androidvodic.com

Ketua Gapensi Semarang Martono Diburu KPK, Pegawai Ungkap Terakhir Terlihat di Kantor Seminggu Lalu - News

News - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah PT Chimarder 777 di Jalan Sekaran Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (18/7/2024).

Kedatangan KPK itu sekaligus untuk memburu Ketua Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kota Semarang, Martono.

Pasalnya, ia terlibat dalam kasus korupsi di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, bersama Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu alias Ita.

Seorang pegawai PT Chimarder 777, Ahmad Samsudin, yang ikut diperiksa saat penggeledahan, menyebut tiga PT yang ada dalam gedung PT Chimarder 777 itu merupakan perusahaan kontraktor milik Martono.

Adapun, tiga PT yang diperiksa KPK itu adalah PT Bintang Rama Perdana, PT Chiko Karta Pratama, dan PT Rama Sukses Mandiri.

"Tiga PT itu satu holding PT Chimarder. Tiga PT ini jadi satu di bawah PT Chimarder 777," kata Ahmad Samsudin, Kamis, kepada TribunJateng.com.

Saat penggeledahan itu, Ahmad Samsudin juga sempat ditanya mengenai keberadaan Martono.

Ia mengatakan, Martono terakhir terlihat datang ke kantor seminggu yang lalu.

"Tadi cuma ditanya Pak Mar ada atau tidak. Kemudian KPK langsung naik. Pak Martono datang seminggu yang lalu. Pak Martono tinggalnya di Patemon," ujarnya. 

Saat ini, kata Ahmad Samsudin, pekerjaan yang sedang digarap grup PT Chimarder salah satunya adalah proyek pemerintah Kota Semarang, Rumah Sakit Wongsonegoro.

"Yang sekarang sedang running ya Rumah Sakit Wongsonegoro. Kemudian pembangunan Universitas Terbuka (UT)," jelasnya.

Baca juga: Kadis Perkim Semarang Bicara soal Penggeledahan KPK hingga Keberadaan Mbak Ita yang Masih Misterius

Selain Ahmad Samsudin, ada lima orang pegawai PT Chimarder 777 yang diperiksa oleh KPK.

Juru Bicara KPK, Tessa Mahardhika, menyampaikan penyidik masih terus melakukan penyidikan soal kasus korupsi di Pemkot Semarang ini.

Namun, Tessa belum mau membeberkan lebih detail mengenai temuan yang didapatkan penyidik selama penyidikan di sejumlah lokasi yang digeledah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat