androidvodic.com

Pesta Literasi Indonesia Kembali Digelar, Angkat Tema Samudra Imajinasi dan Hadirkan 100 Penulis - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Kabar baik bagi kamu pecinta buku atau penikmat karya sastra. 

Sebentar lagi Pesta Literasi Indonesia persembahan penerbit Gramedia kembali digelar pada 26 Agustus-1 September 2024 di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat.

Dengan mengangkat tema "Samudra Imajinasi", acara ini menandai perayaan 50 tahun perjalanan Penerbit Gramedia dalam industri penerbitan Indonesia.

Ketua Pesta Literasi Indonesia 2024 Ruth Priscilia Angelina pun menjelaskan makna tema tersebut. 

"Samudra Imajinasi" menjadi metafora sempurna yang menggambarkan kebebasan berekspresi dan berkreasi tanpa batas. 

"Tema ini mengundang setiap pengunjung untuk berlayar menembus batas-batas dunia nyata, mengarungi lautan kata, warna, dan suara menuju pulau-pulau kreativitas yang menakjubkan," ungkapnya pada konferensi pers di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta Pusat, Kamis (18/7/2024). 

Penerbit Gramedia akan terus berusaha menjadi bahtera bagi para pemantik gagasan, pereka imaji, perefleksi sejarah, pendamba kebenaran, dan penyongsong masa depan. 

Acara ini juga  bertujuan untuk merangsang kreativitas, mendorong inovasi literasi, dan menjembatani kesenjangan akses terhadap buku di masyarakat. 

“Pesta ini berangkat dari kerinduan sederhana, agar semua berkumpul merayakan kecintaan mereka akan cerita," kata Ruth.

"Sekarang pesta ini melibatkan lebih banyak lagi pihak, bukan hanya mereka yang berkelindan dalam dunia buku, tapi juga semua yang ingin merawat kekayaan ide, imajinasi, dan kreativitas. Pesta ini, adalah pesta kita,” sambungnya. 

Baca juga: Gramedia Gelar Pesta Literasi Indonesia 2023, Hadirkan Puluhan Penulis Hingga Musisi

Pada Pesta Literasi kali ini Ruth mengatakan akan ada 100 penulis dan narasumber yang meriahkan. 

Sederet nama seperti Aan Mansyur, J.S. Khairen, Rintik Sedu, Valarie Patkar, Leila S. Chudori, Ria S.W., Brian Khrisna, juga turut menjadi pengisi dalam acara ini. 

Selain itu, berbagai kegiatan yang seru juga akan diadakan seperti panel diskusi, kompetisi, bazar buku, kuliner dan seni, pentas teater.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat