androidvodic.com

PWNU DKI Jakarta Pecat 4 Pengurus yang Berkunjung dan Bergabung Organisasi Berafiliasi Israel - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta KH Samsul Ma'arif memberhentikan 4 pengurus Lembaga Bahtsul Masail (LBM NU) DKI Jakarta yang berkunjung dan terlibat jaringan organisasi berafiliasi dengan Israel.

Satu dari keempatnya, yaitu Zainul Maarif yang melakukan pertemuan dengan Presiden Israel Isaac Herzog.

Sedangkan tiga lainnya yaitu, Mukti Ali, Roland Gunawan, dan Sapri Saleh terlibat dalam organisasi Pusat Studi Warisan Ibrahim untuk Perdamaian (RAHIM).

"Kami Pengurus PWNU dari jajaran Syuriyah dan Tanfidziyah melakukan rapat tadi memutuskan bahwa beberapa orang yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam keberangkatan anak NU ke Israel itu diberhentikan dari kepengurusan Lembaga Bahtsul Masail PWNU DKI Jakarta," kata Samsul melalui keterangan tertulis, Jumat (19/7/2024).

"Jadi empat orang ini diberhentikan dari kepengurusan LBM PWNU DKI Jakarta. Saya kira itu saya menyampaikan hasil rapat antara jajaran syuriyah dan Tanfidziyah PWNU DKI Jakarta," tambah Samsul.

Samsul menilai organisasi Rahim yang menaungi 4 pengurus LBM PWNU DKI Jakarta itu memiliki keterkaitan dan komunikasi dengan pihak Israel.

"Ya ada keterkaitan-lah, ada keterkaitan komunikasi dengan pemberangkatan. Ada komunikasi dengan pihak Israel," jelasnya.

Terkait status keempat pengurus LBM itu, Kiai Samsul mengatakan tetap menjadi warga NU di lingkup Jakarta biasa.

Sehingga, menurut Samsul, tetap berhak mengikuti pelbagai kegiatan yang terkait NU.

"Tetapi dia atau mereka sudah tidak lagi bagian daripada kepengurusan LBM PWNU DKI Jakarta," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mengatakan pihak yang mengundang lima orang Nahdliyin untuk bertemu Presiden Israel Isaac Herzog adalah lembaga swadaya masyarakat (LSM) advokat. Gus Yahya menyebut lembaga bidang hukum itu terafiliasi dengan Israel.

"Yang mengajak, dia ini, saya dari informasi setelah saya tanya, memang dari satu chanel NGO yang merupakan advokat dari Israel," kata Gus Yahya di kantor PBNU, Jakarta Pusat, Selasa (16/7/2024).

LSM yang terafiliasi dengan Israel seperti itu, dikatakan Gus Yahya, tersebar di berbagai negara.

"Jadi yang membantu citra Israel, melobi untuk kepentingan Israel, dan sebagainya. Ini yang mengajak dan konsolidasikan mereka, ya memang canggih sekali biasanya caranya. Tapi sekali lagi, ini sudah sering sekali begini nih, baik di Indonesia, belahan dunia lain, Irak," kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat