androidvodic.com

Jadi Korban Phising, Superstar Taiwan Jay Chou Kehilangan NFT Rp 7,8 Miliar - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

News, TAIPE - Penyanyi dan Aktor asal Taiwan, Jay Chou mengaku menjadi korban serangan phishing yang berakibat Non-Fungible Token (NFT) senilai 550 ribu dolar AS atau sekitar Rp 7,86 miliar miliknya telah dicuri scammers.

Scammers ini berhasil mendapat NFT dari koleksi Bored Ape Yacht Club (BAYC) yang diberikan penyanyi Taiwan terkenal Jeffrey Hwang kepada Jay Chou. Selain itu, Jay Chou juga kehilangan NFT dari Mutant Ape dan dua NFT dari Doodles.

Pencurian NFT ini langsung dikonfirmasi oleh penyanyi berusia 43 tahun ini melalui postingan di akun Instagramnya.

Jay Chou awalnya mengira jika pencurian ini adalah salah satu lelucon April Mop, karena tanggal pencurian ini bertepatan dengan tanggal 1 April. Namun akhirnya Chou menyadari dia sudah tidak memiliki akses ke NFT-nya.

Dikutip dari situs u.today, Sabtu (2/3/2022) seperti yang dijelaskan oleh akun Twitter @zachxbt yang mengaku sebagai detektif on-chain, scammers akan membeli akun Twitter terverifikasi seharga beberapa ribu dolar untuk menjalankan penipuan giveaway. Scammers biasanya menggunakan bot untuk menipu orang-orang agar mengklik tautan yang mengarahkan mereka ke situs phishing dan menguras NFT mereka.

Baca juga: Karafuru Carnival, Destinasi Unik bagi Komunitas NFT di Tepi Laut Jakarta

Scammers juga menggunakan platform media sosial populer lainnya, seperti Instagram, untuk memburu calon korban. Selang beberapa waktu, biasanya korban akan kehilangan aset digitalnya.

Baca juga: Samsung Kenalkan Smart TV yang Mampu Jalankan Transaksi NFT

Sebelumnya, server Discord resmi yang dijalankan oleh BAYC telah disusupi oleh peretas. Dalam tweetnya, BAYC memperingatkan bahwa mereka tidak melakukan April Mop dan mengonfirmasi peretasan tersebut.

Baca juga: Serangan Phishing: Ada 35 NFT, Termasuk Bored Ape Dicuri Peretas

Menurut perusahaan keamanan blockchain PeckShield, peretas berhasil mencuri satu NFT setelah memposting tautan palsu di salah satu saluran server. BAYC segera mengklaim jika mereka sedang mendeteksi insiden tersebut.

Terkini Lainnya

  • Pencurian NFT ini langsung diumumkan langsung oleh Jay Chou melalui postingan di akun Instagramnya.

  • Diluncurkan Mei 2024, Platform Pintu Pro Digunakan 10 Ribu Investor dan Trader Crypto

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat