androidvodic.com

Pasar Kripto Tertekan, Ini Langkah yang Perlu Dilakukan Investor - News

Laporan Wartawan News, Seno Tri Sulistiyono

News, JAKARTA - Zipmex Indonesia memberikan beberapa langkah yang bisa dilakukan investor di tengah tekanan kondisi pasar aset kripto.

Head of Growth Zipmex Indonesia Siska Lestari mengatakan, investor perlu seimbangkan kembali proporsi aset pada portofolio investasi, sebaiknya meninjau ulang aset kripto yang tidak memiliki value jangka panjang dan mempelajari kembali kekuatan fundamental aset kripto dalam portofolio investasi.

"Informasi mengenai fundamental sebuah aset kripto dapat dipelajari melalui whitepaper yang dipublikasikan, kredibilitas tim pembangun, sejarah harga jual-beli, serta kapitalisasi pasar aset kripto tersebut," kata Siska, Senin (16/5/2022).

Baca juga: Termasuk Aset Berisiko, Kripto Bergantung Juga ke Dolar AS, Investor Diminta Tidak Salah Perhitungan

Kemudian, kata Siska, investor perlu meluangkan waktu lebih banyak untuk melakukan due diligence yang lebih mendalam pada proyek NFT dan aset kripto lainnya.

Menurutnya, kondisi pasar yang fluktuatif merupakan waktu yang tepat untuk menilai kekuatan fundamental proyek-proyek NFT, ataupun proyek berbasis aset kripto lainnya beserta profesionalitas tim di baliknya.

"Proyek-proyek dengan fundamental yang kuat akan memiliki ketahanan yang lebih solid terhadap sentimen negatif serta tim yang tetap hadir untuk menjawab pertanyaan investornya," ucap Siska.

Selain itu, investor juga harus menggunakan platform legal yang memberi bonus bunga, di mana beberapa platform memiliki fitur yang memberikan bonus dalam bentuk bunga atas setiap aset kripto yang disimpan.

Baca juga: Demam Investasi Kripto Mulai Merambah Industri Modal Ventura Global, Ini yang Terjadi di Indonesia

"Melalui fitur ini, investor akan tetap mendapatkan pertumbuhan aset kripto yang dimilikinya terlepas dari naik-turunnya harga aset terhadap mata uang fiat. Tentunya, investor juga perlu memilih platform yang telah mengantongi izin resmi dari regulator," paparnya.

Siska pun meminta investor untuk pelajari kondisi pasar terkini dari sumber terpercaya, sebab kebanyakan aset kripto memang memiliki volatilitas yang cukup tinggi.

Maka dari itu, Siska menyebut, penting untuk memilih aset kripto yang tepat sesuai dengan profil risiko yang dimiliki dan senantiasa memperhatikan perkembangan dinamika pasar.

Selain cara-cara tersebut, tentunya investor juga perlu melakukan riset secara mandiri dan berinvestasi pada aset kripto sesuai dengan masing-masing profil risiko yang dimiliki dan memilih platform investasi yang memiliki strategi khusus untuk melindungi investor dari dampak negatif fluktuasi pasar.

Seperti pada kasus perubahan harga aset LUNA, kata Siska, Zipmex memiliki cara yang unik dalam melindungi investornya.

“Untuk melindungi portofolio pengguna, kami telah melakukan delisting aset LUNA di platform Zipmex. Sebagai kompensasi, seluruh aset LUNA yang dimiliki oleh pengguna Zipmex akan dikonversi menjadi aset USDT,” tutur Siska.

Terkini Lainnya

  • Harga Kripto Anjlok

  • investor perlu meluangkan waktu lebih banyak untuk melakukan due diligence yang lebih mendalam pada proyek NFT dan aset kripto lain

  • Semangat Mendukung Produk Lokal, Antusiasme Pengguna Shopee di Seluruh Indonesia

  • Harga Kripto Anjlok

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat