androidvodic.com

Apa Itu Pig Butchering Scam? Berikut Cara Mengenali Penipuan Kripto Modus Baru - News

News - Tidak sedikit tindak kriminal penipuan dalam dunia Cryptocurrency atau kripto.

Salah satu jenis penipuan kripto baru disebut dengan Pig Butchering Scam sedang marak.

Pig Butchering Scam adalah permainan manipulasi untuk mengambil semua yang dimiliki oleh target.

Dikutip dari CNBC, Pig Butchering Scam adalah ketika seorang penipu membangun kepercayaan dengan korban mereka sebelum akhirnya menekan mereka untuk menyetor lebih banyak aset kripto mereka ke dompet digital palsu atau situs web yang dikendalikan oleh penipu.

Istilah tersebut merujuk pada bagaimana para penipu memberi umpan korbannya dengan janji-janji manis dan kekayaan sebelum memotong dan mengambil semua uang mereka.

Cara Kerja Pig Butchering Scam

Baca juga: Pig Butchering Scam Jadi Modus Baru Penipuan Kripto, FBI Peringatkan Agar Waspada

Penipu dengan Pig Butchering Scam biasanya mengirim pesan melalui Whatsapp, teks, atau aplikasi lain seperti Tinder, seolah-olah ditujukan untuk orang lain.

Seringkali mereka menggunakan foto profil orang yang menarik, kata Chen Arad, chief operating officer Solidus Labs, perusahaan yang menyediakan alat untuk membantu pertukaran dan institusi crypto mencegah manipulasi pasar.

Alih-alih meminta sejumlah besar uang di muka, scammer perlahan-lahan bekerja untuk meyakinkan target mereka untuk memindahkan cryptocurrency mereka dari bursa yang sah dan ke situs web penipuan yang dikendalikan oleh scammer yang terlihat seperti platform perdagangan asli, menurut peringatan Agustus dari Coinbase.

Skema ini sangat efektif karena melibatkan scammer yang membangun kepercayaan target mereka dari waktu ke waktu, lapor Coinbase.

Setelah membangun kepercayaan itu, para penipu menekan target mereka untuk menuangkan lebih banyak uang mereka ke dalam platform investasi palsu, menurut Global Anti-Scam Org, sebuah organisasi nirlaba internasional dengan sukarelawan yang berlokasi di seluruh dunia yang meneliti kejahatan dunia maya.

Dikutip dari Tripwire, komunikasi sangat sering dan segera beralih ke pembicaraan investasi.

Kebanyakan orang sekarang tahu untuk menghindari permintaan uang, jadi scammer semakin pintar dan menggunakan bujukan daripada permintaan langsung.

Melalui diskusi tentang investasi dan keuntungan, korban perlahan-lahan tersedot ke percakapan yang tidak dicurigai tetapi sebenarnya dalam tahap penipuan, di mana mereka siap untuk terlibat dalam investasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat