androidvodic.com

Kematian Miliarder Kripto dalam Waktu Berdekatan Timbulkan Berbagai Teori Konspirasi - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

News, NEW YORK - Kematian empat miliarder kripto dalam waktu berdekatan menarik perhatian dan menimbulkan berbagai teori konspirasi dari komunitas cryptocurrency.

Melansir dari Cointelegraph, serangkaian kematian miliarder kripto dimulai pada Oktober tahun lalu, ketika salah satu pendiri platform pinjaman kripto peer-to-peer MakerDAO, Nikolai Mushegian, ditemukan tewas di Pantai Puerto Rico.

Beberapa jam sebelum Mushegian ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa, dia sempat men-tweet bahwa badan intelijen sedang mengejarnya.

Miliarder kripto berikutnya adalah Javier Biosca, yang ditemukan tewas pada 22 November 2022 di Kota Estepona, Spanyol. Saat itu, Biosca sedang diselidiki atas penipuan cryptocurrency terbesar di Spanyol.

Baca juga: Dihantui Ancaman Krisis Likuiditas, Bursa Kripto Genesis PHK 30 Staf

Sehari setelah kematian Biosca, pada 23 November 2022, co-founder Amber Group, Tiantian Kullander, ditemukan tewas secara misterius dalam tidurnya. Hanya dua hari kemudian, miliarder kripto Rusia Vyacheslav Taran meninggal dalam kecelakaan helikopter.

Terlepas dari empat kematian yang mencurigakan ini, kematian lain yang menjadi berita utama pada 30 Desember adalah Park Mo, wakil presiden Vidente, pemegang saham terbesar pertukaran cryptocurrency Korea Selatan Bithumb, yang ditemukan tewas secara misterius di depan rumahnya di pagi hari.

Empat kematian miliarder kripto dalam waktu berdekatan memicu beberapa teori konspirasi di antara komunitas cryptocurrency. Seorang anggota komunitas kripto di platform media sosial Reddit mengaitkan serangkaian kematian miliarder kripto dengan dunia mafia, dengan mengatakan bahwa "dunia kripto mengambil satu halaman dari buku pegangan mafia."

Sementara anggota lainnya mengaitkan kematian-kematian tersebut dengan “hierarki bank sentral".

“Saya pasti tidak akan mempertaruhkan uang untuk menghubungkannya ke hierarki bank sentral. Tidak ada jalan. Mereka sangat dapat dipercaya. 100 persen tidak ada peluang,” katanya.

Yang lain mempertanyakan sumber informasi dari spekulasi-spekulasi yang telah diberikan, namun mengakui fakta bahwa empat kematian dalam waktu kurang dari sebulan itu menimbulkan kecurigaan.

Sementara beberapa Redditor, sebutan untuk pengguna Reddit, menunjukkan kemungkinan adanya memalsukan kematian, di mana seorang pengguna menulis, "Saya ingin tahu berapa banyak dari orang-orang ini yang memalsukan kematian mereka sendiri."

Banyak Redditor juga berspekulasi bahwa miliarder-miliarder kripto ini mungkin hidup dengan identitas palsu dan mereka menggunakan kematian untuk memulai babak baru dalam hidup mereka.

Kematian empat miliarder kripto telah menimbulkan kekhawatiran, namun ekosistem kripto dikenal karena daya tariknya dengan teori konspirasi. Kisah serupa meletus pada Mei 2020 ketika CEO pertukaran kripto QuadrigaCX yang meninggal secara misterius saat berkunjung ke India.

Terkini Lainnya

  • Seorang anggota komunitas kripto di platform media sosial Reddit mengaitkan serangkaian kematian miliarder kripto dengan dunia mafia.

  • Diluncurkan Mei 2024, Platform Pintu Pro Digunakan 10 Ribu Investor dan Trader Crypto

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat